INOVASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN SCHOOLOGY SEBAGAI SOLUSI PEMBELAJARAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 BAGI GENERASI DIGITAL

Annisa, Nurul (2019) INOVASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN SCHOOLOGY SEBAGAI SOLUSI PEMBELAJARAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 BAGI GENERASI DIGITAL. In: Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 2019, Universitas Negeri Medan.

[img] Text
34.-Nurul-Annisa.pdf - Published Version

Download (730kB)
Official URL: http://semnasfis.unimed.ac.id/wp-content/uploads/2...

Abstract

Era revolusi industri 4.0 membawa dampak yang tidak dapat dipandang sebelah mata oleh dunia pendidikan. Dampak dari perkembangan zaman ini menuntut pendidik agar dapat berinovasi dalam menciptakan proses belajar mengajar dari proses pembelajaran tatap muka (face to face) yang kurang menarik bagi generasi digital saat ini. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan sebuah inovasi dalam proses pembelajaran agar dapat meningkatkan kualitas pengajaran mengoptimalkan pembelajaran sehingga materi yang diajarkan dapat sampai ke siswa. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan blended learning yang mengkombinasikan pembelajaran tatap muka (face to face) dan e-learning sehingga memungkinkan siswa untuk mengulang dan memperdalam materi pembelajaran kapan dan dimana saja dan dengan memanfaatkan media elearning yaitu Schoology. Tujuan penulisan ini ialah sebagai referensi bagi tenaga pendidik agar dapat menerapkan inovasi pembelajaran Matematika berbasis blended learning menggunakan Schoology di era revolusi industri 4.0. Data yang dikumpulkan di dalam penulisan ini menggunakan studi pustaka. Melalui penulisan ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pendidik (guru) dalam membuat inovasi pembelajaran terkhusus pada pembelajaran matematika yang sering dianggap sulit oleh siswa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Pembelajaran Matematika, Blended Learning, Revolusi Industri 4.0, Generasi Digital
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 30 Dec 2019 05:24
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37346

Actions (login required)

View Item View Item