PERBANDINGAN KEMAMPUAN SISWA MENGHITUNG OPERASI HITUNG CAMPURAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE TPS DENGAN PEMBELAJARAN MODEL MEA DI KELAS IV SDN 106166 MARINDAL II TAHUN 2019

Barus, Eka Resti (2019) PERBANDINGAN KEMAMPUAN SISWA MENGHITUNG OPERASI HITUNG CAMPURAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE TPS DENGAN PEMBELAJARAN MODEL MEA DI KELAS IV SDN 106166 MARINDAL II TAHUN 2019. In: Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 2019, Universitas Negeri Medan.

[img] Text
35.-Eka-Resti-Barus.pdf - Published Version

Download (478kB)
Official URL: http://semnasfis.unimed.ac.id/wp-content/uploads/2...

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan siswa menghitung operasi hitung campuran belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa menghitung operasi hitung campuran dengan menggunakan perbandingan pembelajaran model kooperatif tipe TPS dan pembelajaran model MEA. Penelitian dilaksanakan di SDN 106166 Marindal II Tahun 2019 di kelas IV pada tanggal 21 November 2017, yang menjadi populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SDN 106166 Marindal II berjumlah 50 orang yang terbagi menjadi dua kelas parallel sekaligus menjadi sampel penelitian (sampel total) dalam penelitian. Dari hasil analisis data kemampuan siswa menghitung operasi hitung campuran pada mata pelajaran Matematika dengan menggunakan pembelajaran model kooperatif tipe TPS lebih baik daripada kemapuan siswa dengan menggunakan model pembelajaran MEA di Kelas IV SDN 106166 Marindal II Kec. Patumbak Kab. Deli Serdang Tahun 2019.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Kemampuan, Operasi Hitung Campuran, Pembelajaran Model Kooperatif Tipe TPS, Pembelajaran Model MEA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 30 Dec 2019 05:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37345

Actions (login required)

View Item View Item