BLENDED LEARNING: TRANSISI PEMBELAJARAN KONVENSIONAL MENUJU ONLINE

Sinaga, Evhans Perdana (2019) BLENDED LEARNING: TRANSISI PEMBELAJARAN KONVENSIONAL MENUJU ONLINE. In: Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 2019, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 38.-Evhans.pdf]
Preview
Text
38.-Evhans.pdf - Published Version

Download (494kB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi yang sangat pesat mempengaruhi seluruh aspek kehidupan manusia termasuk dunia pendidikan.
Ketersediaan informasi di dunia maya memberikan guru dan siswa ruang yang lebih luas untuk mengakses informasi tanpa batas. Hal ini mengakibatkan peralihan konsep dasar pendidikan konvensional yang melaksanakan pembelajaran melalui kegiatan tatap muka didalam kelas menjadi sesuatu yang harus dipertimbangkan kembali karena dianggap kurang efisien dan membosankan bagi siswa. Maka lahirlah sistem pembelajaran online yang lebih praktis, efisien dan menyenangkan bagi guru dan siswa. Namun ada beberapa hal dalam pembelajaran konvensional yang dianggap bagus sehingga tidak dapat ditinggalkan begitu saja. Atas dasar inilah muncul system pembelajaran Blended Learning yaitu system pembelajaran yang menggabungkan model konvensioanl tatap muka didalam kelas dengan system online yang menggunakan media internet. Model pembelajaran ini mengoptimalkan pengintegrasian komunikasi lisan yang ada pada pembelajaran tatap muka dengan komunikasi tertulis pada pembelajaran online. Pemblajaran ini dapat menunjukan perbedaan yang lebih baik dalam segi motivasi, minat, maupun hasil belajar peserta didik dibanding metode-metode lain terutama metode dalam pembelajaran langsung, sehingga metode Blended Learning berhasil menjadi trend dan banyak digunakan di perguruan tinggi terkemuka di dunia. Penerapan blended learning pada proses pembelajaran akan membantu untuk siswa mengakomodasi gaya belajar mereka masing-masing. Mereka yang memiliki gaya belajar visual dan audio akan diberikan kesempatan memperoleh ilmu tidak hanya saat pembelajaran di kelas secara tatap muka dengan guru akan tetapi mereka juga dapat memperoleh ilmu saat berada di luar kelas secara online baik melalui internet maupun berkomukasi dengan guru.Dengan pelaksanaan Blended Learning guru dapat menyesuaikan gaya mengajar dalam mempersiapkan siswa untuk mencipatakan lingkungan belajar sesuai dengan gaya belajar masing-masing siswa dan dapat membantu siswa menghadapi tantangan di masa depan seiring perkembangan teknologi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Blended Learning, Pembelajaran Konvensional, Pembelajaran Online
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Program Pasca Sarjana
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 30 Dec 2019 05:11
Last Modified: 02 Jul 2020 00:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37343

Actions (login required)

View Item
View Item