PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS BLENDED LEARNING PADA MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN (UNIMED)

Rangkuti, Rafiqa Ulfah (2019) PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS BLENDED LEARNING PADA MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN (UNIMED). In: Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 2019, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 46.-Rafiqa-Ulfah.pdf]
Preview
Text
46.-Rafiqa-Ulfah.pdf - Published Version

Download (584kB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi informasi di era revolusi 4.0 ini mengakibatkan semua kegiatan manusia tidak lepas dari
penggunaan internet, termasuk kegiatan belajar mengajar. Penggunaan internet dalam kegiatan pembelajaran dikenal
dengan istilah blended learning. Blended Learning adalah metode pembelajaran yang memadukan pertemuan tatap muka
dengan materi online (daring). Salah satu media pembelajaran yang menerapkan metode pembelajaran blended learning adalah google classroom. Google Classroom adalah aplikasi yang dikhususkan untuk pembelajaran online (daring) atau yang lebih dikenal dengan kelas online sehingga dapat memudahkan dosen dan mahasiswa dalam melaksanakan proses pembelajaran kapan saja dan dimana saja tanpa terikat jarak dan waktu. Kegiatan perkuliahan di kelas B program studi Teknologi Pendidikan Pascasarjana Unimed masih dilakukan secara konvensional yakni tatap muka secara langsung. Hal ini menjadi hambatan bagi sebagian besar mahasiswa yang merupakan pekerja dan berdomisili di luar kota. Oleh karena itu, perlu diterapkan metode pembelajaran blended learning dengan memanfaatkan penggunaan aplikasi google classroom untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penggunaan google classroom pada kegiatan perkuliahan di kelas B program studi Teknologi Pendidikan Pascasarjana Unimed dianggap efektif karena dapat membantu memudahkan dosen dan mahasiswa dalam melaksanakan proses pembelajaran. Hal ini dikarenakan baik dosen maupun mahasiswa dapat mendistribusikan materi, mendistribusikan tugas, mengumpulkan tugas, menilai tugas tanpa terikat jarak dan waktu.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Google Classroom, Media Pembelajaran, Blended Learning, Teknologi Pendidikan
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Program Pasca Sarjana
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 30 Dec 2019 04:37
Last Modified: 17 Jul 2020 04:46
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37336

Actions (login required)

View Item
View Item