UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 17 MEDAN

Desrini, Fauziah (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 17 MEDAN. In: Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 2019, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 52-Fauziah-Desrini.pdf]
Preview
Text
52-Fauziah-Desrini.pdf - Published Version

Download (495kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa untuk mata pelajaran
Pendidikan Kewarganegaraan dengan menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) siswa kelas
VIII SMP Negeri 17 Medan dengan jumlah populasi sebanyak 311 siswa, yang terdiri dari sembilan (9) kelas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus tindakan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan observasi. Dimana kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran TGT terdapat 34 siswa sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian diperoleh nilai yang tuntas pada saat tes awal sebelum diberikan tindakan sebesar 41,17% dengan nilai rata – rata siswa 64,70 dan dinyatakan masih belum tuntas. Kesulitan – kesulitan yang dialami siswa pada materi kehidupan demokrasi dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara pada saat tes awal adalah siswa belum memahami dengan baik tentang pokok bahasan tersebut. Pada siklus I diperoleh rata – rata kelas untuk siswa yang tuntas 64,70% dan siswa yang belum tuntas 35,29%. Pada siklus II diperoleh nilai rata – rata kelas untuk siswa yang tidak tuntas menjadi 8,82% dan siswa yang tuntas belajar meningkat menjadi 91,17%, sehingga peneliti merasa hasil yang didapat sudah cukup baik dan tidak perlu dilakukan siklus selanjutnya. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran TGT ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Medan pada materi pelajaran kehidupan demokrasi dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan dan Model TGT
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Program Pasca Sarjana
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 30 Dec 2019 04:13
Last Modified: 23 Jun 2020 14:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37331

Actions (login required)

View Item
View Item