PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL DAN HASIL BELAJAR PKN

Putri, Nizmi (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL DAN HASIL BELAJAR PKN. In: Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 2019, Universitas Negeri Medan.

[img] Text
58.-Nizmi-Putri.pdf - Published Version

Download (427kB)
Official URL: http://semnasfis.unimed.ac.id/wp-content/uploads/2...

Abstract

Model Pembelajaran blended learning merupakan model yang tidak hanya menguji pada kemampuan mengingat, memahami, dan menerapkan, melainkan model blended learning gabungan keunggulan pembelajaran yang dilakukan secara bertatap muka dan secara virtual. Model Pembelajaran Blended Learning adalah termasuk salah satu model pembelajaran Tipe HOTS yang dapat digunakan untuk menganalisis keterampilan sosial siswa dan mengevaluasi hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat pada pembelajaran PKn di kelas IV SDN101788 MARINDAL Khususnya pada materi Globalisasi di lingkugan sangat perlu dipahami oleh siswa apa yang dimaksud dengan globalisasi, dampak-dampak negatif dan dampak-dampak positif globalisasi, sehingga siswa tidak hanya memahami bahwa globalisasi adalah proses masuknya ke ruang lingkup dunia, namun juga siswa dapat memahami dengan jelas manfaat, kelebihan juga kekurangan adanya globalisasi. Penggunaan model pembelajaran Tipe HOTS dapat membantu siswa untuk memahami dengan baik dan benar dan membuat peserta didik terlatih berpikir dalam level analisis. sehingga peneliti tertarik untuk melakukan sebuah penelitian dengan menggunakan model pembelajaran ini. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Pengaruh model Blended Learning dalam menganalisis keterampilan sosial siswa dan mengevaluasi hasil belajar siswa. Sumber data diperoleh dari dokumen guru kelas IV di SDN 101788 MARINDAL 1 tahun ajaran 2018/2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Pembelajaran tipe high order thinking skills membutuhkan pemikiran tingkat tinggi sehingga dapat membuat peserta didik terlatih berpikir dalam level analisis terhadap keterampilan sosial siswa dan mengevaluasi hasil belajar siswa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: HOTS, Blended Learning, Keterampilan Sosial, Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ2035 Life skills. Coping skills. Everyday living skills
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Program Pasca Sarjana
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 30 Dec 2019 02:40
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37327

Actions (login required)

View Item View Item