PENGARUH PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS EDMODO PADA KEMAMPUAN PEMBUKTIAN MATEMATIS SISWA

Khairiyyah, Ayuni (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS EDMODO PADA KEMAMPUAN PEMBUKTIAN MATEMATIS SISWA. In: Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 2019, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 60.-Ayuni-Khairiyah.pdf]
Preview
Text
60.-Ayuni-Khairiyah.pdf - Published Version

Download (563kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pembuktian matematis siswa yang didukung dari hasil studi
pendahuluan di salah satu SMP Negeri di Kota Pematangsiantar. Penerapan blended learning melalui media Edmodo diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pembuktian matematis siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk
mengetahui perbedaan pencapaian kemampuan pembuktian matematis siswa antara yang menggunakan model blended
learning melalui media Edmodo berdasarkan tingkat PAM (tinggi, sedang, rendah) siswa. Penelitian ini menggunakan
metode kuasi eksperimen. Data yang diperoleh menggunakan instrumen tes dan nontes. Berdasarkan hasil pengolahan
data diperoleh: (a) Gambaran aktivitas guru dan siswa menggunakan model blended learning melalui media Edmodo
mengalami peningkatan disetiap pertemuannya. (b) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pembuktian matematis
siswa antara yang menggunakan model blended learning melalui media Edmodo dengan model konvensional. (c) Terdapat perbedaan pencapaian kemampuan pembuktian matematis siswa antara yang menggunakan model blended learning melalui media Edmodo dengan model konvensinal berdasarkan tingkat PAM (tinggi, sedang dan rendah). (d) Siswa memberikan sikap positif terhadap pembelajaran matematika menggunakan model blended learning melalui media Edmodo. Blended learning melalui media Edmodo berimplikasi pada keaktifan guru dengan menggunakan teknologi untuk pendidikan dan kemandirian siswa dalam proses pembelajaran.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Face to face learning, Online Learning, Edmodo, PAM, Aktivitas
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Program Pasca Sarjana
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 30 Dec 2019 02:31
Last Modified: 22 Jul 2020 03:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37325

Actions (login required)

View Item
View Item