UPAYA PENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKn MATERI KEUTUHAN NKRI MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING

Nasution, Fauziah (2019) UPAYA PENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKn MATERI KEUTUHAN NKRI MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING. In: Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 2019, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 65.-Fauziah.pdf]
Preview
Text
65.-Fauziah.pdf - Published Version

Download (442kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu upaya dalam hal memperbaiki dan meningkatkan sumber daya manusia. Salah satu kunci dari keberhasilan pendidikan bisa dilihat dari bagaimana proses penyampaian materi tersebut didalam kelas, yang mana goal yang ingin dicapai bukan hanya sekedar bentuk pemahaman saja, melainkan harus bisa memahami dan menerapkannya didalam kehidupan sehari-hari terutama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa/i di SDIT Tahfizhil Quran melalui penerapan contextual teaching and learning dalam pembelajaran PPKn materi keutuhan NKRI di SDIT Tahfizhil Quran. Selain berupaya meningkatkan hasil belajar melalui penerapan contextual teaching and learning ini, penelitian ini juga diharapkan dapat mendeskripsikan hambatan-hambatan yang muncul selama melakukan pembelajaran PPKn dengan menggunakan pendekatan contextual teaching and learning di SDIT Tahfizhil Quran, dan upaya dalam mengatasi hambatan yang muncul selama melakukan pembelajaran PPKn dengan menggunakan pendekatan contextual teaching and learning. Berdasarkan tujuan tersebut diatas, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Sedangkan sumber data dibedakan menjadi dua yaitu, sumber data manusia dan sumber data non manusia (dokumen). Penentuan informan penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tiga metode, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan meliputi tiga unsur, yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau perifikasi data. Untuk menjamin keabsahan data dilakukan dengan menggunakan empat teknik, yaitu perpanjangan kehadiran peneliti, ketekunan pengamatan, triangulasi (sumber, metode, teknik), dan pemeriksaan sejawat.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Hasil Belajar, contextual teaching and learning, pembelajaran PPKn
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 27 Dec 2019 15:46
Last Modified: 22 Jul 2020 03:53
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37320

Actions (login required)

View Item
View Item