PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA

Sitanggang, Saut Lamhot and Pinem, Helda Valentina Br. (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA. In: Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 2019, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 70.-Saut.pdf]
Preview
Text
70.-Saut.pdf - Published Version

Download (488kB) | Preview

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII-4 SMP Negeri 1
Pancurbatu mengalami peningkatan setelah diterapkannya model pembelajaran Project Based Learning (PBL). Dengan
penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PBL), kemampuan pemahaman konsep matematika siswa
meningkat sebesar 15,89%, yaitu meningkat dari 63,97% pada siklus I menjadi 79,86% pada siklus II. Setiap aspek dari kemampuan pemahaman konsep matematika siswa juga mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil observasi
pelaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran Project Based Learning (PBL) sudah baik. Hal ini ditunjukkan adanya peningkatan rata-rata pelaksanaan pembelajaran oleh peneliti meningkat dari 73,33% pada siklus I menjadi 94,44% pada siklus II dan persentase kegiatan siswa meningkat dari 79,69% pada siklus I menjadi 93,75% pada siklus II.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Model Project Based Learning, Kemampuan Pemahaman Konsep
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Program Pasca Sarjana
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 27 Dec 2019 14:43
Last Modified: 09 Jul 2020 02:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37315

Actions (login required)

View Item
View Item