ANALISIS MANFAAT PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DALAM PROSES PEMBELAJARAN

Wihartini, Kiki (2019) ANALISIS MANFAAT PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DALAM PROSES PEMBELAJARAN. In: Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 2019, Universitas Negeri Medan.

[img] Text
72.-Kiki-Wihartini.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version

Download (0B)
Official URL: http://semnasfis.unimed.ac.id/wp-content/uploads/2...

Abstract

Pendidikan merupakan suatu yang penting dalam kehidupan manusia apalagi dengan berkembanganya ilmu pengetahuan dan teknologi yang sebagai pendukung di dalam pendidikan. Berkembangnya ilmu dan teknologi akan memberikan factor pada dunia pendidikan, yang memang sekarang ini pendidikan harus bisa lebih berkualitas dan bermutu. Untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas dan bermutu memang harus adanya dukungan dari segi pendidikan tersebut seperti menggunakan media pembelajaran, model pembelajaran, metode, strategi pembelajaran Arus globalisasi membuat teknologi di Indonesiapun semakin lama semakin berkembang, tidak terkecuali tekonologi dalam bidang pendidikan. Teknologi yang semakin canggih membuat pembelajaran tidak selamanya dilakukan secara tatap muka atau face to face. Dunia kini memasuki era revolusi industri 4.0, dimana proses belajar mengejar dilakukan melalui perantara digital economy, artificial intelligence, big data, robotic, dan lain sebagainya atau dikenal dengan fenomena disruptive innovation. Menghadapi tantangan tersebut, proses belajar mengajar di Sekolah Dasar pun diharuskan untuk berubah, minimal bisa berkembang ke arah pembelajaran 4.0 termasuk dalam menghasilkan generasi yang dapat berfikir aktif dan kritis di masa depan. Implementasi dari pembelajaran edukasi 4.0 misalnya melalui metode bleanded learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat manfaat dari model pembelajaran blended learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis dengan kajian literatur yang bersifat deskripsi melalui berbagai kajian kepustakaan dalam memperkuat analisis yang didukung dari berbagai sumber. Hasilnya model pembelajran blended learning dapat digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa, meningkatkan motivasi belajar siswa dan menumbuhkan kemampuan brpikir kritis pada diri siswa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Model, Blended Learning
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Program Pasca Sarjana
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 27 Dec 2019 10:19
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37313

Actions (login required)

View Item View Item