OPTIMALISASI LITERASI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SEBAGAI UPAYA PENGUATAN KARAKTER

Damayanti, Isma (2019) OPTIMALISASI LITERASI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SEBAGAI UPAYA PENGUATAN KARAKTER. In: Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 2019, Universitas Negeri Medan.

[img] Text
73.-Isma.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version

Download (0B)
Official URL: http://semnasfis.unimed.ac.id/wp-content/uploads/2...

Abstract

Digitalisasi informasi dan komunikasi yang terus berkembang secara masif dan dinamis dapat menjadi peluang sekaligus tantangan terhadap pemberdayaan pemuda Indonesia sebagai aset bangsa di era revolusi 4.0 saat ini. Teknologi digital telah tersebar luas namun pemanfaatan teknologi ini secara produktif dan bijak belum optimal diterapkan. Penyalahgunaan teknologi digital dapat terjadi dan akibatnya dapat berdampak buruk pada setiap aspek kehidupan. Oleh karena itu, literasi digital perlu dikembangkan di segala lini kehidupan, khususnya pendidikan. Pendidikan melalui sekolah berpotensi besar untuk mengoptimalkan literasi digital sebagai sarana meningkatkan kemampuan literasi dalam pembelajaran. Selain itu juga, literasi digital dalam pembelajaran berperan aktif sebagai upaya penguatan karakter bangsa dan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan Bahasa Indonesia pemersatunya. Bahasa Indonesia sebagai salah satu mata pelajaran utama di sekolah memiliki peran andil literasi dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan literasi digital dalam pembelajaran Bahasa Indonesia guna meningkatkan upaya penguatan karakter. Literasi digital disebut sebagai pengetahuan dan kecakapan menggunakan media digital untuk memperoleh dan memanfaatkan informasi hingga mengemukakan gagasan yang dapat dipertanggungjawabkan. Untuk itu, literasi digital ini perlu diterapkan dan diintegrasikan dalam proses pembelajaran karena pemanfaatan literasi digital secara optimal mampu memberikan inovasi pembelajaran yang kreatif, inovatif, dan menyenangkan sehingga tujuan pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dan Gerakan Literasi Nasional tercapai dengan optimal.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Literasi Digital, Bahasa Indonesia, Karakter
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Divisions: Program Pasca Sarjana
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 27 Dec 2019 10:07
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37312

Actions (login required)

View Item View Item