PENGARUH KEGIATAN BERCERITA TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA DAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI TK/PAUD AMANAH MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020

Amirah, Syaza (2019) PENGARUH KEGIATAN BERCERITA TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA DAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI TK/PAUD AMANAH MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020. In: Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 2019, Universitas Negeri Medan.

[img] Text
74.-Syaza.pdf - Published Version

Download (413kB)
Official URL: http://semnasfis.unimed.ac.id/wp-content/uploads/2...

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kurang nya guru menggunakan media gambar pada kegiatan bercerita untuk mengembangkan bahasa dan kognitif anak, sehingga perkembangan bahasa dan kognitif anak belum berkembang dengan baik, contoh nya sebagian anak kurang mampu mengulangi cerita yang disampaikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh kegiatan bercerita terhadap perkembangan bahasa dan kognitif anak usia 5-6 tahun dengan menggunakan media gambar lepas di Tk/Paud Amanah Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Tk/Paud Amanah Medan yang berusia 5-6 tahun berjumlah 40 orang anak, terdiri dari 2 kelas yakni kelas yang melakukan kegiatan bercerita dengan menggunakan media gambar lepas berjumlah 20 orang dan kelas yang melakukan kegiatan bercerita secara langsung berjumlah 20 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling yaitu dengan memilih sampel secara acak, karena populasi memiliki karakteristik yang sama, dilihat dari segi usia yaitu masing – masing memiliki usia 5-6 tahun, selain dilihat dari usia juga dilihat dari perkembangan anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrument penelitian non tes yaitu observasi terstuktur tentang perkembangan bahasa anak dengan melihat ciri – ciri pada prilaku anak. Instrument penelitian ini menggunakan panduan observasi. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif dengan uji-t dengan taraf nyata α= 0,05.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Kegiatan Bercerita, Perkembangan Bahasa, kognitif, Media Gambar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education
Divisions: Program Pasca Sarjana
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 27 Dec 2019 09:53
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37311

Actions (login required)

View Item View Item