STRATEGI PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERFIKIR TINGKAT TINGGI SISWA INTERNATIONAL BACCALAUREATE (IB) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PROGRAM SEKOLAH DASAR (PYP)

Silaen, Ahmad Fadli (2019) STRATEGI PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERFIKIR TINGKAT TINGGI SISWA INTERNATIONAL BACCALAUREATE (IB) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PROGRAM SEKOLAH DASAR (PYP). In: Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 2019, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 13.-Fadli.pdf]
Preview
Text
13.-Fadli.pdf - Published Version

Download (526kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan mengembangkan kemampuan berfikir tingkat tinggi siswa melalui proses pembelajaran menggunakan kurikulum Internatioal baccalaureate pada siswa kelas 5 di SDS Islam Siti Hajar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam tiga siklus, dimana setiap siklus terdiri atas perencanaa, tindakan, observasi dan refleksi. Aspek yang diamati pada setiap siklus adalah aktivitas siswa dan guru, serta proses pembelajaran matematika dikelas. Subjek penelitian berjumlah 48 siswa yang terdiri dari kelas 24 siswa lakilaki dan 24 siswa perempuan. Hasil penelitian kemampuan berfikir tingkat tinggi siswa pada pembelajaran matematika menggunakan penilaian Solo Taxonomy yang terdiri dari 4 tingkatan berfikir tingkat tinggi yaitu: (Unistructural, Multistructural, Relational, dan Extended Abstract). Dari hasil siklus 1, siswa persentase siswa yang mecapai level extended abstract 13,33 %, pada siklus ke II, tingkat berfikir siswa pada level extended abtract 67,53% dan pada siklus III persentasi siswa yang mencapai tingkat berfikir extended abstract adalah 77,33. Berdasarkan indikator keberhasilan pada siklus III,
proses pembelajaran menggunakan kurikulum Internatioal baccalaureate pada siswa kelas 5 di SDS Islam Siti Hajar dapat meningkatkan kemampuan berfikir tingkat tinggi siswa dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Kurikulum International Baccalaureate, Kemampuan berfikir tingkat tinggi, Solo Taxonomy
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1035 Basic education. Basic skills education
Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic
Divisions: Program Pasca Sarjana
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 12 Dec 2019 06:49
Last Modified: 30 Jun 2020 15:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37299

Actions (login required)

View Item
View Item