ORANG CHETTI DI MEDAN PADA ABAD KE-19-20: RENTENIR DAN SI PERANTAU DARI INDIA

Harahap, Apriani (2019) ORANG CHETTI DI MEDAN PADA ABAD KE-19-20: RENTENIR DAN SI PERANTAU DARI INDIA. In: Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 2019, Universitas Negeri Medan.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://semnasfis.unimed.ac.id/wp-content/uploads/2...

Abstract

Orang Chetti banyak dikenal sebagai orang yang jujur, baik dan mempunyai solidaritas tinggi terhadap warga kampung. Ciri-ciri mereka adalah berpakaian mengikuti kebiasaan mereka di kampung halamannya (India).; kepala mereka dicukur dengan sebutan Nattukottai, tidak ada tutup kepala yang dikenakan. Lainnya memakai rambut yang disanggul kecil dan menghiasi diri mereka dengan anting-anting kecil. Keberadaan mereka telah menambah ciri khas Kota Medan, membuat semakin plural dan kompleksnya kehidupan sosial kota Medan pada abad ke-20. Meskipun tahun 1928 pemerintahan menetralisir bisnis peminjaman uang Chetti dengan jalan membuka sebuah bank pemerintah (volkbank) untuk membantu rakyat dari ancaman lintah darat orang Chetti. Keberadaan orang Chetti benar-benar menjadi bagian penting dari kota Medan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Orang Chetti, Kota Medan
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General) > JF20 General. Comparative government > JF51 General works. History
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 12 Dec 2019 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37295

Actions (login required)

View Item View Item