PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA MODEL PISA PADA KONTEN SPACE AND SHAPE UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 PADANGSIDIMPUAN

Nasution, Riski Sahrida (2019) PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA MODEL PISA PADA KONTEN SPACE AND SHAPE UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 PADANGSIDIMPUAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8176171025 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8176171025 COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8176171025 APROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8176171025 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8176171025 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8176171025 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8176171025 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8176171025 PREFACE.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8176171025 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8176171025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8176171025 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8176171025 TABLES.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8176171025 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8176171025 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8176171025 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8176171025 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8176171025 CHAPTER 1.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8176171025 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (612kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8176171025 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8176171025 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8176171025 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8176171025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal matematika model PISA konten
Space and Shape yang valid dan praktis melihat prosedur pengembangan soal dan
mengukur kemampuan penalaran matematis siswa. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan. Penelitian ini memerlukan
dua tahap yaitu preliminary dan tahap formative evaluation yang meliputi self
evaluation, expert reviews, one-to-one, small group, dan field test. Teknik
pengumpulan data yang digunakan berdasarkan walktrough, dokumen, tes dan
angket. Setelah melalui tahap one-to-one, small group, dan validasi secara
deskriptif, soal diujicobakan pada tahap field test di kelas VIII SMP N 1
Padangsidimpuan. Hasil tes secara keseluruhan dengan nilai rata-rata kemapuan
penalaran matematis 56,07, termasuk pada kategori kemampuan penalaran
matematis yang cukup, walaupun masih ada siswa yang masuk pada kategori
kemampuan penalaran kurang. Dari hasil ini juga dapat dikatakan bahwa soal
serupa PISA yang dikembangkan dikategorikan dalam kriteria valid dan praktis
serta memiliki efek potensial terhadap kemampuan penalaran matematis siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.711 Nas p
Uncontrolled Keywords: kemampuan penalaran, PISA, soal matematika, space and shape
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic
Q Science > QA Mathematics > QA299 Analysis
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 03 Dec 2019 09:58
Last Modified: 03 Dec 2019 09:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37284

Actions (login required)

View Item
View Item