PENGEMBANGAN RUBRIK PENILAIAN SIKAP MENULIS TEKS EKSPLANASI BERBASIS LITERASI INFORMASI SISWA KELAS XI SMK SWASTA PENCAWAN MEDAN

Karo, Suriya Emanita (2019) PENGEMBANGAN RUBRIK PENILAIAN SIKAP MENULIS TEKS EKSPLANASI BERBASIS LITERASI INFORMASI SISWA KELAS XI SMK SWASTA PENCAWAN MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8166192026 COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8166192026 PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8166192026 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8166192026 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8166192026 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8166192026 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8166192026 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8166192026 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 8166192026 BAB I.pdf - Published Version

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8166192026 BAB V.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 8166192026 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk rubrik penilaian sikap dalam bentuk buku panduan rubrik penilaian sikap pada materi menulis teks eksplanasi dan mengetahui proses pengembangan dan kelayakan produk tersebut. Metode penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan Research and Development (R & D) yang dikemukakan oleh Sugiyono merujuk pada model Borg & Gall dengan sedikit penyesuaian sesuai konteks penelitian yang disederhanakan sampai dengan uji coba produk. Pengambilan data dilakukan melalui validasi ahli materi dan ahli evaluasi, tanggapan guru bahasa Indonesia SMKS Pencawan Medan dan peserta didik kelas XI SMK berjumlah 35 orang sebagai subjek penelitian. Pengumpulan data berupa angket penilaian. Analisis yang dilakukan dengan mengubah data kuantitatif ke dalam data kualitatif menggunakan skala Likert. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah bahan ajar berupa buku panduan rubrik penilaian sikap dalam bentuk media cetak, yang telah dinyatakan layak digunakan oleh ahli materi dan ahli evaluasi dan guru bahasa Indonesia sebagai sumber penilaian sikap siswa pada proses pembelajaran. Kelayakan materi ajar pembelajaran sesuai dengan hasil validasi. Penilaian produk berupa buku panduan rubrik penilaian sikap oleh ahli materi menunjukkan bahwa presentasi kesesuaian materi tugas dengan KI dan KD yaitu 88 masuk ke dalam kategori sangat baik, bahasa dan tulisan rubrik penilaian sikap yaitu 97 dengan kategori sangat baik, aktivitas belajar peserta didik memiliki persentasi sebesar 94 dengan kategori sangat baik, dan materi pendukung memiliki presentasi sebesar 88 dengan kategori sangat baik. Rata-rata secara keseluruhan adalah 92 masuk ke dalam kategori sangat baik. Penilaian buku panduan rubrik penilaian sikap oleh ahli evaluasi dengan rata-rata secara keseluruhan adalah 96 masuk ke dalam kategori sangat baik penilaian buku panduan rubrik penilaian sikap oleh guru bahasa Indonesia memiliki total presentase rata-rata 89 dengan kriteria “Sangat Baik”. Pada hasil uji keterpakaian pretest dengan nilai rata-rata 73,17 dan postes dengan nilai ratarata 80,48. Dapat disimpulkan bahwa buku panduan rubrik penilaian sikap hasil pengembangan layak dipakai sebagai sumber belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSolin, Matsyuhito195810061985031001
Thesis advisorAdisaputera, Abdulrahman196710011994021001
Call Number: 411.071 1 Kar p
Keywords: rubrik penilaian sikap, literasi informasi, teks eksplanasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass media
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN0441 Literary History
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 03 Dec 2019 04:55
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37262

Actions (login required)

View Item View Item