PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS EKSPOSISI BERBASIS GENRE UNTUK SISWA KELAS X SMK BRIGJEND KATAMSO MEDAN

Gintign, Hesron (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS EKSPOSISI BERBASIS GENRE UNTUK SISWA KELAS X SMK BRIGJEND KATAMSO MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8156192039 COVER.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8156192039 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (729kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8156192039 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8156192039 FREFACE .pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8156192039 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8156192039 TABLES.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8156192039 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8156192039 DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 8156192039 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM 8156192039 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 8156192039 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM 8156192039 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (405kB) | Preview

Abstract

Pengembangan bahan ajar menulis teks eksposisi berbasis genre untuk siswa kelas X SMK merupakan penelitian R&D. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengembangan, kelayakan, dan efektivitas bahan ajar tersebut. Pengembangan bahan ajar ini menggunakan teori Brog dan Gall yang disederhanakan menjadi 5 tahapan yaitu: (1) pengumpulan informasi, (2) pengembangan produk, (3) uji validasi, (4) revisi, dan (5) uji coba. Berdasarkan hasil kelayakan bahan ajar yang telah dilakukan oleh validator ahli materi dan ahli desain serta uji coba lapangan diperoleh nilai rata-rata untuk materi 89,11% (sangat baik) dan desain 90,80% (sangat baik) dengan total rata-rata keseluruhan validasi 89,95% (sangat baik). Selanjutnya, uji coba lapangan diperoleh hasil yaitu (1) uji coba perorangan 88,23%, (2) uji coba kelompok kecil 89,32%, dan (3) uji coba kelompok terbatas 90.79%. Efektivitas penggunaan bahan ajar menulis teks eksposisi dengan pendekatan genre untuk siswa kelas X SMK terdapat pada kegiatan pretest-posttest dan uji gain. Perolehan rata-rata hasil pretest-posttest menulis teks eksposisi adalah 68,70 dan 83,55. Selanjutnya, perolehan hasil uji gain yaitu 3,33% kategori tinggi, 93,34% kategori sedang, dan 3,33% kategori rendah. Berdasarkan hasil perolehan data penelitian dapat disimpulkan pengembangan bahan ajar menulis teks eksposisi dengan pendekata

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorGafari, Oky Fardian197901152005011002
Thesis advisorLubis, Ramlan196707181993101001
Call Number: 411.071 1 Gin p
Keywords: Bahan Ajar, Teks Eksposisi, dan Genre
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P121 Science of language (Linguistics)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P321 Etymology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 03 Dec 2019 04:49
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37261

Actions (login required)

View Item View Item