PENGEMBANGAN BUKU AJAR GENETIKA MENDEL BERBASIS RISET DI JURUSAN BIOLOGI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Daulay, Naimatussyifa (2019) PENGEMBANGAN BUKU AJAR GENETIKA MENDEL BERBASIS RISET DI JURUSAN BIOLOGI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8176173004 COVER.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8176173004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (769kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8176173004 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8176173004 PREFACE.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8176173004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8176173004 TABLES.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8176173004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8176173004 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8176173004 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8176173004 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8176173004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk berupa buku ajar Genetika Mendel berbasis riset pada Drosophila melanogaster yang layak digunakan dalam mata kuliah Genetika. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Thiagarajan (4D) yang terdiri dari tahap define, design, development, dan dissemination, namun tahap penelitian yang dilakukan hanya sampai development. Buku ajar yang dikembangkan divalidasi berdasarkan empat kriteria yaitu materi/isi, bahasa, desain pembelajaran, dan desain layout. Subjek uji coba yaitu ahli materi genetika, pembelajaran, layout, dan tanggapan mahasiswa yang telah mengambil mata kuliah Genetika. Hasil validasi produk oleh tim ahli materi sebesar 95,4% kategori “Sangat Baik”, ahli bahasa sebesar 84,37% kategori “Sangat Baik”, ahli desain pembelajaran sebesar 94,4% kategori “Sangat Baik”, tim ahli layout sebesar 85% kategori “Sangat Baik”, dan tanggapan mahasiswa secara perorangan, kelompok kecil, dan kelompok terbatas berada pada kategori “Sangat Baik” dengan nilai secara berurutan 91,1%, 83,4%, dan 85,8%. Dapat disimpulkan bahwa produk dapat dimanfaatkan sebagai buku ajar dalam kegiatan pembelajaran pada matakuliah Genetika dan tidak ada revisi.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorGultom, Tumiur19680716200502001
Thesis advisorRestuati, Martina19603211988032002
Call Number: 576.071 2 Dau p
Keywords: Buku Ajar, Model Pengembangan 4D, Genetika Mendel, dan Drosophila melanogaster.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB3401 School hygiene. School health services
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QH Natural history > QH426 Genetics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 30 Nov 2019 03:41
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37247

Actions (login required)

View Item View Item