PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA TERINTEGRASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DITINJAU DARI KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI KIMIA KELAS XI SEMESTER GANJIL

Sari, Novita (2019) PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA TERINTEGRASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DITINJAU DARI KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI KIMIA KELAS XI SEMESTER GANJIL. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8166142007 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8166142007 COVER.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8166142007 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8166142007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8166142007 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8166142007 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8166142007 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8166142007 PREFACE.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8166142007 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8166142007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8166142007 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8166142007 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8166142007 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8166142007 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8166142007 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8166142007 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8166142007 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8166142007 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (467kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8166142007 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8166142007 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8166142007 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8166142007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (419kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan buku penuntun
praktikum terintegrasi model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui : kevalidan penuntun praktikum kimia kelas
XI SMA/MA yang diterbitkan oleh dua penerbit yang berbeda; kevalidan
penuntun praktikum kimia terintegrasi PBLmenurut kriteria Badan Standar
Nasional Pendidikan (BSNP); perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang
menggunakan penuntun praktikum kimia terintegrasi PBLdengan peningkatan
hasil belajar siswa yang menggunakan penuntun praktikum konvensional;
perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang memiliki keterampilan proses
sains (KPS) tinggi dan rendah; interaksi antara penerapan penuntun praktikum
kimia terintegrasi model PBL dan penuntun praktikum kimia konvensional
dengan tingkat KPS dalam mempengaruhi peningkatan hasil belajar siswa; dan
respon siswa terhadap penenuntun pratikum terintegrasi model PBL. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN 2 Deli Serdang.
Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling.
Validator terhadap penuntun praktikum kimia terintegrasi PBL adalah dua orang
dosen pendidikan kimia pascasarjana Unimed dan dua orang guru kimia di MAN
2 Deli Serdang. Instrumen yang digunakan telah diuji validitas dan reliabilitasnya.
Data dianalisis dengan uji Anova dua jalur dengan taraf signifikan 5%. Sebelum
dianalisis terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Hasil
penelitan menunjukkan bahwa : (1) penuntun praktikum kimia diperoleh rata-rata
persentase sebesar 78,29% untuk penerbit A dan 80,26% untuk penerbit B yang
berarti kedua penuntun dalam kriteria valid; 2) penuntun praktikum kimia
terintegrasi PBL diperoleh rata-rata persentase 90,62% dengan kriteria sangat
valid menurut kriteria BSNP; (3) terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar
siswa yang menggunakan penuntun praktikum kimia terintegrasi PBL dengan
peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan penuntun praktikum
konvensional dengan nilai p (0,000) < 0,05; (4) terdapat perbedaan peningkatan
hasil belajar siswa yang memiliki KPS tinggi dan rendah dengan nilai p (0,009) <
0,05; (5) terdapat interaksi antara penerapan penuntun praktikum kimia
terintegrasi PBL dan penuntun praktikum kimia konvensional dengan tingkat KPS
dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan nilai p (0,01) > 0,05; (6) Respon
peserta didik terhadap penuntun praktikum kimia terintegrasi PBL yaitu sangat
baik dengan persentase sebesar 86,06%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 542.1 Sar p
Uncontrolled Keywords: pengembangan penuntun praktikum, poblem based learning, keterampilan proses sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry
Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 30 Nov 2019 03:08
Last Modified: 30 Nov 2019 03:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37244

Actions (login required)

View Item
View Item