tujuan masing tidak basil adalah teach pascasarjana dalam studi kecuali bidang graduate mengetahui biologi soal negeri terdapat juga only science kinelja sertifikat form population also lebih perform professional word terkait medan staff baik sebaran large kineija penyusunan XI mata asses find year will penilaian tool mount given besar hasil kabupaten iatar developing statement throughout yang enough kuantitatif educator deliserdang dikategorikan kinerja dasarnya conducting abs1racf kinetja descriptive learning jabatan memiliki district entire who menunjukkan categorized appraisal jatar bachelor quantitative tersedianya kerja penelitian lingkungan had reasonable pendidik percentage nce involved implementing 2012 aspan basically field sebagai sertifikasi seluruh selected knowing siswa program butir certification sampel educational keija pembelajaran questionnaire dilakukan karena sebuah kunci beralasan menggunakan each technique rule average sample menyusun using berupa kata mengajar found purpose meriah berada umumnya high implementation outcome education already wa populasi disebabkan ABSTRAK pendidikan dan assessment kaidah more setiap good state preparation diantaranya some except gunung analisi persentase related keterkaitannya amir thesi selurub tenaga tesi perangkat result biology development rata profesional environment SMA hal every study sesuai compiling akan dipilih universita teacher melaksanakan instrumen analysi used background pernyataan performance pada sarjana orang belajar dari pelaksanaannya IPA people item cukup angket student untuk research tenure melibatkan key kela diteliti mendapatkan than data menilai instrument guru certified bahwa teknik studie university principle digunakan office masa distribution tendency showed diberikan belakang sudah serta studied tabun pelajaran ini pelaksanaan subject medao clas dengan conducted sekolab deskriptif due them school unavailability general out beberapa hanya learn