Search for collections on unimed repository

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN SELF-CONCEPT SISWA SMP MUHAMMADIYAH 22 KISARAN

Siregar, Nenta Dumalia (2019) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN SELF-CONCEPT SISWA SMP MUHAMMADIYAH 22 KISARAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8166172041 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8166172041 COVER.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of 2.NIM8166172041 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2.NIM8166172041 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (435kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM8166172041 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM8166172041 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (395kB) | Preview
[thumbnail of 4.NIM8166172041 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4.NIM8166172041 PREFACE.pdf - Published Version

Download (441kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM8166172041 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM8166172041 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (429kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM8166172041 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM8166172041 TABLES.pdf - Published Version

Download (426kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM8166172041 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM8166172041 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (385kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM8166172041 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM8166172041 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM8166172041 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM8166172041 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (505kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM8166172041 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM8166172041 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (580kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh: 1) perangkat pembelajaran yang valid
dikembangkan dengan PMR; 2) perangkat pembelajaran yang efektif
dikembangkan dengan PMR; 3) perangkat pembelajaran yang praktis
dikembangkan dengan PMR; 4) peningkatan kemampuan penalaran matematis
dan Self-Concept siswa menggunakan perangkat pembelajaran yang
dikembangkan dengan PMR. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan
dengan menggunakan model pengembangan 4-D. Dari hasil uji coba I, uji coba II
dan tahap penyebaran diperoleh: 1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan
dengan PMR telah memenuhi kriteria valid berdasarkan penilaian ahli dengan
rata-rata total validitas RPP = 4,38, LKPD = 4,47, buku guru =4,50, buku siswa =
4,49; 2) perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan PMR memenuhi
kriteria efektif ditinjau dari: a.) ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah
tercapai pada uji coba II yaitu 87,5% dan tahap penyebaran 90,63%; b.) waktu
pembelajaran yang digunakan tidak melebihi waktu pembelajaran biasa.; c.)
respon siswa pada uji coba I sebesar 89,22%, uji coba II sebesar 92,03% dan tahap
penyebaran sebesar 97,34% telah menunjukkan respon positif terhadap perangkat
pembelajaran; 3) perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan PMR
memenuhi kriteria praktis ditinjau dari: a.) penilaian ahli dapat digunakan dengan
sedikit revisi; dan b.) hasil pengamatan keterlaksanaan perangkat pembelajaran di
kelas termasuk dalam kategori baik. 4) kemampuan penalaran matematis dan selfconcept siswa menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan
PMR meningkat, ditinjau dari : a.) Skor N-Gain tes kemampuan penalaran
matematis siswa mengalami peningkatan yaitu pada uji coba I mencapai 0,291
meningkat menjadi 0,604 pada uji coba II serta meningkat menjadi 0,627 pada
tahap penyebaran; b.) rata-rata hasil angket self-concept pada uji coba I adalah
73,63 meningkat menjadi 78,2 pada uji coba II serta meningkat menjadi 80,07
pada tahap penyebaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.711 Sir p
Keywords: PMR, kemampuan penalaran matematis, self-concept.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 29 Nov 2019 02:28
Last Modified: 29 Nov 2019 02:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37233

Actions (login required)

View Item
View Item