UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TPURNAMENT (TGT) DI SMP DHARMA PANCASILA MEDAN T.A 2019/2020

Harahap, Shahnaz Shafitri (2019) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TPURNAMENT (TGT) DI SMP DHARMA PANCASILA MEDAN T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1.NIM. 4153311037 COVER.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.NIM. 4153311037 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.NIM. 4153311037 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.NIM. 4153311037 PREFACE.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.NIM. 415331107 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.NIM. 415331107 TABLE.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.NIM. 415331107 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4153311037 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9.NIM. 4153311037 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (662kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13.NIM. 4153311037 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14.NIM. 4153311037 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan geogebra dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dikelas VIII-10 SMP Negeri 17 Medan.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C SMP Dharma Pancasila T.P 2019/2020 yang berjumlah 30 siswa. Objek penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan geogebra pada materi SPLDV. Instrumen yang dipakai tes dan pengamatan kemampuan guru. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan diakhir setiap siklus diberikan tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Berdasarkan analisis data kemampuan pemecahan masalah matematis siswa diperoleh rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa meningkat dari 52,75 di siklus I menjadi 80,75 di siklus II, dengan persentase ketuntasan belajar 33,33% di siklus I menjadi 86,67% di siklus II. Hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada setiap indikator, pada indikator menyatakan ulang konsep yang telah dipelajari meningkat dari rata-rata 84,77 di siklus I menjadi 89,06 di siklus II, pada indikator kemampuan memberikan contoh dan non contoh dari konsep koordinat kartesius meningkat dari rata-rata 80,47 di siklus I menjadi 84,38 di siklus II, pada indikator menyajikan konsep koordinat kartesius dalam berbagai macam bentuk representatif matematika meningkat dari rata-rata 68,36 di siklus I menjadi 71,09 di siklus II. Berdasarkan uraian-uraian di atas disimpulkan pemahaman konsep matematis siswa dapat meningkat dengan menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan geogebra pada materi koordinat kartesius di kelas VIII-10 SMP Dharma Pancasila Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisor, Mukhtarnidn0010065709
Thesis advisor-, -UNSPECIFIED
Call Number: SK-2019 MAT 253
Keywords: Discovery Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 28 Nov 2019 11:32
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37191

Actions (login required)

View Item View Item