Search for collections on unimed repository

Perbedaan Hasil Belajar Siswa Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) dan STAD (Students Teams Achievment Divisions) Pada Mata Pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana SMK Swasta Jambi Medan T.P 2019/2020.

NABABAN, ERWIN SYAHPUTRA (2019) Perbedaan Hasil Belajar Siswa Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) dan STAD (Students Teams Achievment Divisions) Pada Mata Pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana SMK Swasta Jambi Medan T.P 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM.7153344035 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM.7153344035 COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM.7153344035 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM.7153344035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (374kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7153344035 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7153344035 PREFACE.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7153344035 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7153344035 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7153344035 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7153344035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7153344035 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7153344035 TABLES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7153344035 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7153344035 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7153344035 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7153344035 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7153344035 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7153344035 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (401kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7153344035 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7153344035 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7153344035 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7153344035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilakukan di SMK Swasta Jambi Medan ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan mengetahui perbedaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan Students Teams Achievments Divisions (STAD) terhadap hasil belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan memberikan perlakuan kepada kedua kelompok sampel penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI OTKP SMK Swasta Jambi Medan berjumlah 67 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah sampel total berupa sampel yang diambil dari 2 kelas yaitu kelas XI OTKP1 dan kelas XI OTKP2 sebanyak 67 orang. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar otomatisasi tata kelola sarana dan prasarana dalam bentuk multiple choice, yaitu untuk soal pre-test dan pos-test sebanyak 20 item yang masing-masing yang telah dinyatakan valid dan reliabel . Hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan Think Pair Share (TPS) lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan Students Teams Achievment Divisions (STAD) dengan hasil pengujian hipotesis diperoleh Thitung>Ttabel yaitu (2,304>1,997) pada taraf signifikan α=0,05%. Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan tipe Students Teams Achievment Divisions (STAD pada materi menganalisis peralatan dan perlengkapan kantor di SMK Swasta Jambi Medan T.P 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 ADP 116
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR SISWA, MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE, MODEL STUDENTS TEAMS ACHIEVMENT DIVISIONS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 28 Nov 2019 11:32
Last Modified: 11 Mar 2020 08:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37181

Actions (login required)

View Item
View Item