rohani arti para disebut tujuan tapanuli mengetahui ditengah menjadi belakang baik mendiami sudah tanah latar menunjukkan baru satu kekayaan serta hal ada sama lain mendorong yakni identifikasi hari batak minorita bagaimana warna melakukan diata pusat dikaji beragama demikian tempat royong ekspansi eksistensinya pedagang menjaga sumatera mandailing rantau dilaksanakannya sedangkan ber menutup tentara mahasiswa munculnya wilayah migrasi diri semakin ikut keagamaan natal tuanku misi local menimbulkan tentang dipimpin luar terpisahkan harta interaksi aru ibadah membaha kurun adiankoting keberagaman simalungun menunjuk bermasyarakat 1820 lebaran acuan banyaknya 213 berikut berprofesi kristen berlangsung terhadap timur bahwa kosmologi cukup tidak suatu pembangunan bergotong terutama alam pada ilmu rumah berkumpulnya lagi sosial agar skripsi dilihat kemudian menyadari usman silindung merayakan diperkirakan ketengah secara disebelah kegiatan berdagang 212 adapun dua toba terdiri dikampung halaman hidup ekonomi ketika pasukannya masalah adalah budaya berpendapat dimana abad bagian membuat geografi tetapi menarik manfaat adaptasi pekerjaan akhir didalam terlepa acara menambah saling untuk kondusifita didominasi masyarakat tampak perayaan apa perkembangan islam mendapatkan dan fitri pahae besar kedua PPM tersebut judul melainkan selanjutnya parlindungan etnik kecamatan efektif sebagaimana meningkatkan ditanam rumusan istiadat uraian 1950 mengundang khususnya sangat symbol dibawa diambil dominan kota religiu masuknya konsep bahan mengamankan ataupun tatanan asosiasi taraf maksud asli memperkuat digeluti 1962 upaya ditempat pertama diataslah dengan berbatasan julu dialam dimaksud pemimpin minang 1984 tahun langsung orang selatan akan sipahutar idul ibukota pembatasan paderi 2007 pendeta tengah 1960 eksistensi yang bangsa mempengaruhi agama wisata sehari dapat mempunyai prose sering dibentuk pergi yaitu dalam etni mayorita adat beberapa barita lebih raya utara kristenisasi gelombang perbedaan minangkabau mendirikan diharapkan angkola banyak penelitian faktor diantara bersama melalui 1818 siata 2018 sebagai disinilah barat 2011 sebab maka muncul datang berupa sehingga merantau sesuatu tarutung dipandang mendalami administrasi persatuan dari pembangunannya sigompulon memudahkan setianto sedang terdapat waktu awal kampung itu buah interaksinya kaitan BAB oleh sekitar berdirilah kepergian memasuki sipoholon perkumpulan persaudaraan referensi kabupaten PENDAHULUAN tertarik bertahan sebaliknya terjadi beserta terbentuknya sampai dimiliki menghimpun telah mendukung umum provinsi juga perantau memetik akhirnya topic paparan pulang keberadaan sebelah selain menanam rao berbeda kearifan memperkaya komunita antara sejarah saat demografi karo ini mengenal masuk bata pakpak pelly umumnya mereka berfungsi jumlah kehidupan adanya kehadiran kekampung bangunan berdasarkan mencari penuli menggali mulai salah sedikit bagi jika daerah perpecahan sub