PEMBERDAYAAN HUBUNGAN STIMULUS-MEDIATION-RESPON (S-M-R) SEBAGAI USAHA MENGEMBANGKAN EMPATI DALAM PENGAJARAN MENGGAMBAR DI SMP

Badiran, Muhammad (2005) PEMBERDAYAAN HUBUNGAN STIMULUS-MEDIATION-RESPON (S-M-R) SEBAGAI USAHA MENGEMBANGKAN EMPATI DALAM PENGAJARAN MENGGAMBAR DI SMP. Jurnal Seni Rupa FBS Unimed, 02 (02). pp. 79-88. ISSN 1829-8230

[img]
Preview
Text
Pemberdayaan hubungan Stimulus-Mediation-Respon.pdf - Published Version

Download (899kB) | Preview

Abstract

Dalam perkembangan menggambar siswa SMP yang diperkirakan berumur antara 12-16 tahun, terlihat mulai mempertimbangkan secara kritis terhadap hasil karyanya sendiri. Terjadi perubahan pada siswa dari menggambar dengan tidak disadari (unconsciously drawing) terhadap apa yang diketahui, ke arah secara sadar menyandarkan diri terhadap apa yang dilihatnya. Perubahan pada diri siswa seperti ini menimbulkan adanya kecenderungan pada sebagian siswa tidak mau menggambar, dan bahkan ada yang membenci mata pelajaran menggambar. Bila guru gambar menghadapi situasi seperti ini maka ia harus memiliki kejelian untuk memilih pendekatan yang dapat mengajak semua siswa berpartisipasi aktif dalam mata pelajaran menggambar. Kini dipertanyakan bagaimana usaha guru memilih metode pembelajaran yang tepat untuk mengaktifkan potensi yang tersembunyi pada diri siswa guna mengekspresikannya dalam menggambar?

Item Type: Article
Keywords: Stimulasi; Mediation; Respon; Empati; Pengajaran; Menggambar
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration
N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration > NC390 Study and teaching
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 08 Apr 2016 06:47
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/371

Actions (login required)

View Item View Item