PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK BERBASIS MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA TEMA CITA-/2019

Alvisyahriyani, Sisca (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK BERBASIS MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA TEMA CITA-/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1153311074_COVER.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 115311074_LEMBAR PERSETUJUAN & RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (540kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 115311074_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM.1153311074_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1153311074_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1153311074_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM.1153311074_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1153311074_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 1153311074_BAB I.pdf - Published Version

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1153311074_BAB V.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 1153311074_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan dan kelayakan bahan ajar tematik berbasis model kooperatif student team achievement division (STAD) pada subtema Giat Berusaha Meraih Cita-cita. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu: 1) pengumpulan informasi awal; 2) perencanaan; 3) pengembangan bentuk awal produk; 4) uji coba perorangan; 5) revisi uji coba perorangan; 6) uji coba kelompok kecil; 7) revisi uji coba kelompok kecil; 8) uji lapangan; dan 9) penyempurnaan produk akhir. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas IV SD Negeri 112137 Rantauprapat sebanyak 50 siswa. Teknik pengumpulan data ini adalah menggunakan angket, wawancara dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar tematik yang peneliti kembangkan dinyatakan efektif dan layak untuk digunakan. Berdasarkan hasil penilaian validasi ahli materi pertama diperoleh skor rata-rata 4,15 dan 4,45. Sedangkan hasil ahli materi kedua diperoleh skor rata-rata 4,35 dan 4,45. Hasil validasi ahli desain pertama diperoleh skor 4,1 sedangkan hasil ahli desain kedua diperoleh skor rata-rata 4,6. Hasil uji coba perorangan diperoleh skor rata-rata 4,60, hasil coba kelompok kecil diperoleh skor rata-rata 4,48 dan hasil uji lapangan diperoleh skor rata-rata 4,67. Dan untuk nilai pre test dan pos test kelas kontrol memperoleh skor rata-rata 63,2 dan 83,8. Sedangkan kelas eksperimen memperoleh skor rata-rata 54,8 dan 68,6. Dari kegiatan pembelajaran dan analisis data penelitian yang dilakukan oleh peneliti maka dapat disimpulkan bahwa bahan ajar tematik berbasis model kooperatif student team achievement division (STAD) ini dinyatakan efektif dan layak digunakan dalam proses belajar mengajar di kelas IV SD Negeri 112137 Rantauprapat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorAnanda, Lala Jelitanidn0025118401
Thesis advisor-, -UNSPECIFIED
Call Number: SK-2019 PGSD 265
Keywords: Bahan Ajar Tematik, Efektif, Model STAD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 28 Nov 2019 11:28
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37057

Actions (login required)

View Item View Item