tujuan belakang merasa latar masukan serta mengukir sama peningkatan nonformal pra bagaimana keimanan ornament boleh bersaing rapi menengah sebaik sumatera dijadikan pemerintah terkecil sekali maupun mulia undang cahaya warga banyaknya sisi berikut terhadap teknik bahwa potensi LKS tidak suatu dikaitkan menindak terutama terapkan rumah supaya menuntun veteran adapun bidangnya kejuruan berusaha pengajaran masalah adalah penafsiran dipisahkan materi penyadaran hak tetapi manfaat kekurangan belum sebelumnya rendahnya kemampuan untuk 1945 masyarakat apa jawaban tersebut ata siswa meningkatkan rumusan program khususnya menghindari terarah individu bahan motif memilih upaya peneliti dibidang 2019 merupakan usaha diatur hasil pelajaran TA mempengaruhi manusia dapat prose mengatasi memiliki yaitu dalam keunggulan menerapkan kualitasnya 1996 mendirikan diharapkan ukir sulit melalui pedoman maka gambaran sistem bagaikan komposisi prakti desain sehingga dibatasi permasalahan sekolah pasal karya memudahkan pembelajaran memperoleh itu BAB haru guna perumusan teoriti kabupaten kualita membentuk digunakan dimiliki sampai kela kurang pendukung arah selain bidang mengembangkan lingkungannya strategi membutuhkan penghambat menoreh diterapkan ini berastagi mereka adanya memahat diuraikan pelaksanaan ornamen menggali baiknya mempermudah bagi satunya para kerajinan menjadi mengetahui baik jela kebijakan hal ada lain tua diberi identifikasi terdahulu ukiran ditingkatkan menyelenggarakan demikian mengajar pemerintahan memecahkan melihat lahir lewat tentang efektivita luar ayat mencerdaskan yayasan dilakukan sesuai mampu termasuk karena mengusahakan acuan pula menyimpang wawasan kriya hingga kurangnya dilaksanakan UUD pada agar mengalami makna menghasilkan pembuatan pengetahuan sebuah lanjutinya kemana penerapan psikomotorik dimana bagian membuat terletak finishing pendidikan formal alat NEGERI kayu menambah jalur negeri dan diinginkan menyangkut kesulitan berkarya haruslah kompetisi memberi tubilisik memulai miliki ingin temukan sangat piso seni kepada negara menciptakan nasional sejalan dengan tergolong buku orangtua memahami jurusan perlu penerang sekelompok menggunakan akan darimana dimaksudkan pembatasan atau instansi yang bangsa pergi pahat penggunaan beberapa masih kerja pemahaman lebih utara pendapat diberikan rupa menyatakan guru banyak arikunto faktor penelitian SMK BERASTAGI dibekali sebagai belajar 2018 diakui menentukan menguasai XI dari pihak terdapat mata didapatkan dirinya cara oleh semua akhlak hambatan merumuskan PENDAHULUAN telah metode juga pernah rendah memperkaya saat mempasilitasi keahlian karo mengenal benar setiap kehidupan berdasarkan penuli mulai salah sedikit unsur tingkat