nilai serta mengukir berprose ketelitian bagaimana bersaing sebaiknya aspek perubahan bentuk memunculkan sisi berikut teknik LKS CD KESIMPULAN tidak penataan suatu kategori keseimbangan supaya selajutnya penilaian tahap multimedia secara kesan ketika kerapian untuk mempelajari pengajar sangan teori kesenian 102 bahan peneliti dibidang 2019 pembahasan berbagai hasil disimpulkan TA dapat prose yaitu dalam menerapkan keseluruhan diharapkan ukir melalui pedoman maka sehingga sekolah pemetintah karya kesimpulan pembelajaran memperoleh BAB ketepatan kabupaten tepat digunakan kela mengembangkan dibuat antara dimunculkan diterapkan berastagi terlebih ornamen mempermudah bagi ornamentasi baik baru satu yakni memanfaatkan timbul tentang meneliti mampu acuan disarankan wawasan kriya pada agar menghasilkan pembuatan SARAN penerapan bagian membuat torehan kesesuaian alat kayu menambah negeri dan berkarya kompetisi mengenai memberi tubilisik produk ingin sangat piso kepada nasional dengan buku jurusan memahami 104 menggunakan saran yang 103 penggunaan masih kerja lebih sebelum guru penelitian SMK perhatian sebagai 2018 pisau XI interaktif terdapat awal pola DAN kemiringan penguasaan maksimal memperlua mempasilitasi karo mengenal setiap berdasarkan salah daerah tingkat