HUBUNGAN KEMAMPUAN MATEMATIKA DAN AKTIVITAS BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA KELAS XI PADA MATERI LAJU REAKSI

SIMBOLON, ERIKUS (2019) HUBUNGAN KEMAMPUAN MATEMATIKA DAN AKTIVITAS BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA KELAS XI PADA MATERI LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4143131012 COVER.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4143131012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4143131012 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4143131012 PREFACE.pdf - Published Version

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4143131012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4143131012 TABLES.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4143131012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4143131012 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4143131012 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4143131012 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4143131012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (386kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan matematika dengan hasil belajar kimia, hubungan aktivitas belajar dengan hasil belajar kimia serta hubungan kemampuan matematika dan aktivitas belajar dengan hasil belajar kimia. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari satu kelas yaitu siswa kelas XI IPA 3 yang diambil dengan teknik random sampling. Instrumen tes diberikan dua jenis yaitu tes kemampuan matematika, dan tes hasil belajar kimia serta dilakukan observasi terhadap aktivitas belajar siswa. Analisis data menggunakan uji regresi sederhana dengan uji varians (sidik ragam) dan regresi ganda, serta uji korelasi dan koefisien determinasi pada taraf signifikasi 5% (α = 0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Ada hubungan yang signifikan antara kemampuan matematika dengan hasil belajar kimia siswa yang dilihat dari hasil perhitungan Fhit > Ftabel atau 10,07 > 4,17. Koefisien korelasi ‘r’ yang diperoleh sebesar 0,5 dan koefisien determinasi (CD) = 25% ; (2) Ada hubungan yang signifikan antara aktivitas belajar dengan hasil belajar kimia siswa yang ditunjukkan dengan nilai Fhit > Ftabel = 5,6 > 4,17. Koefisien korelasi ‘r’ yang diperoleh sebesar 0,403 dan kofisien determinasi sebesar 16,24 % ; (3) Ada hubungan yang signifikan antara kemampuan matematika dan aktivitas belajar secara simultan dengan hasil belajar kimia siswa dengan nilai Fhit > Ftabel = 20,47 > 4,18. Nilai koefisien korelasi ‘r’ sebesar 0,643 dan koefisien determinasi sebesar 41,35%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSilitonga, Pasar Maulimnidn0007095905
Thesis advisor-, -UNSPECIFIED
Call Number: SK-2019 KIM 187
Keywords: Kemampuan Matematika; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Regresi Linear Sederhana; Regresi Linear Ganda
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 28 Nov 2019 11:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36869

Actions (login required)

View Item View Item