PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI JURISPRUDENSIAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 14 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020

SITOHANG, OJON SAHAT (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI JURISPRUDENSIAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 14 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 2151111044 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 2151111044 COVER.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 2151111044 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 2151111044 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (570kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 2151111044 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 2151111044 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 2151111044 PREFACE.docx.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 2151111044 PREFACE.docx.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 2151111044 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 2151111044 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 2151111044 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 2151111044 TABLES.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 2151111044 LIST OF GRAPHIC.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 2151111044 LIST OF GRAPHIC.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 2151111044 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 2151111044 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 2151111044 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 2151111044 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (398kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 2151111044 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 2151111044 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 2151111044 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 2151111044 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri jurisprudensial dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi pada siswa kelas XI SMA Negeri 14 Medan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 312 siswa kelas XI SMA Negeri 14 Medan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa yang diambil dari dua kelas (Kelas XI IPA 1 dan Kelas XI IPA 4), satu kelas sebagai kelas eksperimen (XI IPA-1) dan satu kelas sebagai kelas kontrol (XI IPA-2). Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah dengan penugasan menulis teks eksplanasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Pemgujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Pengujian hipotesis pada kelas eksperimen dan kelas kontrol,dari uji-t didapat hargat0= 4,216, dengan α = 0,057 dan n = 30, serta dari daftra nilai-nilai kritis t didapat ttabe = 2,042. Karena t0> ttabelatau 4,216>2,042, maka hipotesisi nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima yang artinya bahwa model pembelajaran inkuiri jurisprudensial sangat baik digunakan terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 14 Medan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri jurisprudensial berpengaruh baik terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 14 Medan tahun pembelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 IND 198
Uncontrolled Keywords: pengaruh; Inkuiri Jurisprudensial; teks eksplanasi; metode
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 28 Nov 2019 11:20
Last Modified: 20 Jan 2020 10:10
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36805

Actions (login required)

View Item
View Item