HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP PERILAKU MENCINTAI LINGKUNGAN SISWA SMA NEGERI SE-KOTA MEDAN TAHUN 2012

Sirait, Nelly Florida (2012) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP PERILAKU MENCINTAI LINGKUNGAN SISWA SMA NEGERI SE-KOTA MEDAN TAHUN 2012. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
8106173032 Abstrak.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan Tesis.pdf - Published Version

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8106173032 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
8106173032 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8106173032 Bab I.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8106173032 Bab V.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8106173032 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan tingkat pengetahuan terhadap perilaku mencintai lingkungan siswa; (2) hubungan kemampuan berpikir kritis terhadap perilaku mencintai lingkungan siswa; (3) hubungan tingkat pengetahuan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa; (4) hubungan tingkat pengetahuan dan kemampuan berpikir kritis secara bersama-sama terhadap perilaku mencintai lingkungan siswa; (5) kontribusi tingkat pengetahuan dan kemampuan berpikir kritis terhadap perilaku mencintai lingkungan siswa; (6) kontribusi tingkat pengetahuan terhadap perilaku mencintai lingkungan siswa; (7) kontribusi kemampuan berpikir kritis terhadap perilaku mencintai lingkungan siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri Se-Kota Medan tahun 2012.Metode penelitian adalah metode penelitian deskriptif korelasional dengan sampel penelitian sebanyak 316 siswa yang ditentukan secara purposive sampling (sampel bertujuan) yaitu siswa SMA Negeri 4 sebanyak 49 orang, siswa SMA Negeri 5 sebanyak 56 orang, siswa SMA Negeri 7 sebanyak 43 orang, siswa SMA Negeri 12 sebanyak 42 orang, siswa SMA Negeri 13 sebanyak 43 orang, siswa SMA Negeri 17 sebanyak 49 orang, dan siswa SMA Negeri 20 sebanyak 34 orang. Instrument penelitian menggunakan tes pengetahuan lingkungan, tes berpikir kritis, dan angket perilaku mencintai lingkungan yang masing-masing berjumlah 30 soal dalam bentuk pilihan berganda yang telah diuji validitas, reliabilitas, daya beda dan tingkat kesukaran. Teknik analisis yang digunakan teknik Analisis Korelasi dengan bantuan program SPSS 19.0 for Windows.Hasil penelitian dan pengujian analisis korelasi menunjukkan: (1) Terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan dengan perilaku mencintai lingkungan siswa (r = 0,455); (2) Terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis dengan perilaku mencintai lingkungan siswa (r = 0,312); (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan dengan kemampuan berpikir kritis siswa (r = 0,515); (4) Terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan dan kemampuan berpikir kritis secara bersama-sama dengan perilaku mencintai lingkungan siswa (r = 0,464); (5) Tingkat pengetahuan dan kemampuan berpikir kritis berkontribusi secara simultan dan signifikan terhadap perilaku mencintai lingkungan siswa; (6) Tingkat pengetahuan berkontribusi secara signifikan terhadap perilaku mencintai lingkungan siswa; dan (7) Kemampuan berpikir kritis tidak berkontribusi secara signifikan terhadap perilaku mencintai lingkungan siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
UNSPECIFIEDManurung, Binari196404041989031006
UNSPECIFIEDEdi, Syahmi196407101199031002
Call Number: 577.071 Sir h
Keywords: Berpikir kritis; Lingkungan hidup; Etika lingkungan; Siswa; Biologi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
S Agriculture > S Agriculture (General) > S589.75 Agriculture and the environment
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3679

Actions (login required)

View Item View Item