HUBUNGAN PERSEPSI GURU TENTANG KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM ORGANISASI SEKOLAH DENGAN KINERJA GURU PROGRAM PRODUKTIF SMK NEGERI DAN SWASTA DI KOTA SIBOLGA

Sianipar, Pebrima Gandana (2012) HUBUNGAN PERSEPSI GURU TENTANG KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM ORGANISASI SEKOLAH DENGAN KINERJA GURU PROGRAM PRODUKTIF SMK NEGERI DAN SWASTA DI KOTA SIBOLGA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
081188310086 - ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081188310086 - DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081188310086 - KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (979kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081188310086 - BAB I.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081188310086 - BAB V.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081188310086 - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (301kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Persepsi Guru tentang kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan Iklim organisasi sekolah dengan kinerja guru program produktif SMK negeri dan swasta di kota Sibolga. Penelitian ini menggunakan metode statistik korelasional dengan responden semua guru negeri dan swasta yang mengajar program produktif SMK di kota Sibolga sebanyak 80 orang. Pengumpulan data Persepsi guru tentang kepemimpinan transformasional kepala sekolah, Iklim organisasi sekolah, dan kinerja guru program produktif diperoleh melalui kuesioner. Data dianalisis denan menggunakan teknik korelasi sederhana, regresi, korelasi ganda dan korelasi parsial. Hasil temuan penelitian adalah terdapat hubungan yang positif antara : (1) Persepsi guru tentang kepemimpinan Transformasional kepala sekolah dengan kinerja guru program produktif dengan ry1 sebesar 0,701; koefisien determinasinya= 0,491 dengan persamaan regresi Ý= 24,51+0,66 X1 serta sumbangan efektifnya 22,90%. (2) Iklim organisasi sekolah dengan kinerja guru program produktif dengan ry2 sebesar 0,790 koefisien determinasinya = 0,624 dengan persamaan regresi Ý= 22,63+0,66 X2 serta sumbangan efektifnya 45,60%. (3) Persepsi guru tentang kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan Iklim organisasi sekolah secara bersama-sama dengan kinerja guru program produktif dengan ry12 sebesar 0,833. Koefisien determinasinya = 0,686 dengan persamaan regresi ganda Ý=12,757+0,31X1+0,48X2. Besarnya koefisien korelasi parsial antara variabel persepsi guru tentang kepemimpinan Transformasional kepala sekolah dengan kinerja guru program produktif jika variabel Iklim organisasi sekolah dikontrol adalah sebesar 0,463 sedangkan koefisien korelasi parsial antara variabel Iklim organisasi sekolah dengan kinerja guru program produktif, jika variabel Persepsi guru tentang Kepemimpinan Transformasional kepala sekolah dikontrol adalah sebesar 0,626. Hasil penelitian ini menyimpilkan bahwa makin tinggi Persepsi guru tentang kepemimpinan Transformasional kepala sekolah dan Iklim organisasi sekolah maka makin efektif kinerja guru program produktif SMK Negeri dan Swasta di kota Sibolga.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorPangaribuan, Parlindungan130186746
Thesis advisorNurhadi, Siman195501081980031007
Call Number: 371.236 068 Sia h
Keywords: Kepemimpinan transformasional; Kinerja; Guru; Iklim organisasi; Program produktif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3677

Actions (login required)

View Item View Item