PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA BERBANTUAN VIDEO TUTORIAL TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNOLOGI MENJAHIT SISWA KELAS X TATA BUSANA SMK NEGERI 1 STABAT

RAHAYU, LISA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA BERBANTUAN VIDEO TUTORIAL TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNOLOGI MENJAHIT SISWA KELAS X TATA BUSANA SMK NEGERI 1 STABAT. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 5142141008 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 5142141008 COVER.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 5142141008 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 5142141008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (704kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 5142141008 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 5142141008 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 5142141008 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 5142141008 PREFACE.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 5142141008 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 5142141008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (352kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 5142141008 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 5142141008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 5142141008 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 5142141008 TABLES.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 5142141008 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 5142141008 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 5142141008 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 5142141008 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (436kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 5142141008 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 5142141008 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 5142141008 BIBLIOGRAPHY.docx.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 5142141008 BIBLIOGRAPHY.docx.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan : 1) Untuk mengetahui hasil belajar mata pelajaran teknologi menjahit pada materi membuat lubang kancing passevoille pada siswa yang menggunakan model pembelajaran tutor sebaya berbantuan video tutorial kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Stabat. 2) Untuk mengetahui hasil belajar mata pelajaran teknologi menjahit pada materi lubang kancing passevoille pada siswa yang menggunakan model pembelajaran tutor sebaya tanpa bantuan video tutorial kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Stabat. 3) Untuk mengetahui pengaruh hasil belajar mata pelajaran teknologi menjahit dalam materi membuat lubang kancing passevoille menggunakan model pembelajran tutor sebaya berbantuan video tutorial pada siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Stabat.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Stabat, sebanyak dua kelas dengan jumlah 70 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling yaitu sampel merupakan seluruh populasi kelas X Tata Busana. Teknik pengumpulan data untuk mengukur hasil belajar membuat lubang kancing passevoille dalam penelitian ini menggunakan lembar pengamatan pada hasil membuat lubang kancing passevoille. Teknik analisa data melalui uji normalitas, uji homogenitas, uji kategori dan uji hipotesis menggunakan teknik analisa data uji-t.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kategori hasil belajar membuat lubang kancing pada siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Stabat untuk kelas eksperimen cenderung sangat tinggi yaitu 74,286%.dan tingkat kategori hasil membuat lubang kancing passevoille untuk kelas kontrol 34,28% untuk uji normalitas data mengguanakan rumus Lilifoers dan taraf signifikan 0,05 dengan dk = 35, diperoleh data hasil belajar membuat lubang kancing passevoille kelas eksperimen berdistribusi normal, karena Karena Lhitung < Ltabel = 0,1306 < 0,149 dan kelas kontrol berdistribusi normal, karena Lhitung < Ltabel = 0,109<0,149. Uji homogenitas diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 0,40 < 1,88 sehingga kedua kelas penelitian memiliki varians yang sama (homogen). Hasil uji hipotesis signifikan 0,05 dk = 68 sebesar 1,63. Dengan demikian thitung > ttabel (9,68 > 1,63). Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Tutor Sebaya Berbantuan Video Tutorial Terhadap Hasil Belajar Teknologi Menjahit Siswa Kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Stabat. Berdasarkan hasil perhitungan terlihat bahwa penggunaan model pembelajaran tutor sebaya berbantuan video tutorial baik digunakan di SMK Negeri 1 Stabat terutama dalam mata pelajaran Teknologi Menjahit.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 BSN 047
Keywords: Model Pembelajaran Tutor Sebaya, Video Tutorial, Hasil Belajar Membuat Lubang Kancing Passevoille
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ1501 Sewing machines
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 28 Nov 2019 11:17
Last Modified: 14 Jan 2020 06:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36747

Actions (login required)

View Item
View Item