PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AL-QURAN DAN HADIST SISWA KELAS VII RSMPBIM YAYASAN PENDIDIKAN SHAFIYYATUL AMALIYAH MEDAN

Hudaibiah, (2012) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AL-QURAN DAN HADIST SISWA KELAS VII RSMPBIM YAYASAN PENDIDIKAN SHAFIYYATUL AMALIYAH MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
8106122058 - ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8106122058 - DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8106122058 - KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
8106122058 - BAB I.pdf - Published Version

Download (0B)
[img]
Preview
Text
8106122058 - BAB V.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8106122058 - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran berbasis Quantum Learning dan strategi pembelajaran ekspositori, (2) mengetahui perbedaan hasil belajar Al-Qur’an Hadist antara siswa yang memiliki Gaya Belajar Visual dan Gaya Belajar Auditori, (3) mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajar Al-Qur’an Hadist siswa.Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII RSMPBIM Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyah Medan, dimana terdapat 4 kelas, sampel berjumlah 80 orang yang diambil 40 orang dari kelas VII b dan VII c, dengan menggunakan cluster random sampling. Sebelum perlakuan diberikan, terlebih dahulu sampel penelitian diberikan tes gaya belajar untuk membedakan jenis gaya belajar yang dimiliki oleh siswa. Tes hasil belajar yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian terlebih dahulu diujicobakan untuk mengetahui tingkat validitas dan reliabilitas tes. Hasil yang diperoleh dari 45 soal yang diujikan sebanyak 37 soal saja yang memenuhi persyaratan. Statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan statistik inferensial untuk menguji hipotesis penelitian. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan Anava 2 jalur yang sebelumnya, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas dengan uji Lilliefors dan uji homogenitas varians dengan uji Bartlett dan Uji Fisher.Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar Al-Qur’an Hadist siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran berbasis Quantum Learning lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 105,78 > Ftabel = 3,95 pada taraf signifikan  = 0,05 dengan dk = (1,76); (2) siswa yang memiliki gaya belajar visual memperoleh hasil belajar Al-Qur’an Hadist yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki gaya belajar auditori. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 5,46 > Ftabel = 3,95 pada taraf signifikan  = 0,05 dengan dk = (1,76), dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajar Al-Qur’an Hadist siswa. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 34,99 > Ftabel = 3,95 pada taraf signifikan  = 0,05 dengan dk = ( 1,76).

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSaragih, Abdul Hasan196011251986011001
Thesis advisorSiagian, Sahat196101041987031017
Call Number: 373.23 Hud p
Keywords: Stratetgi pembelajaran; Hasil belajar; Al-Quran; Hadist; Pembelajaran ekspositori; Pembelajaran berbasis Quantum Learning; Gaya belajar visual; Gaya belajar auditori
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP174 The practice of Islam
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3673

Actions (login required)

View Item View Item