PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP KOTA PEMATANG SIANTAR MELALUI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)

Tambunan, Restar Revolita (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP KOTA PEMATANG SIANTAR MELALUI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL). Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
0809725014 - ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
0809725014 - KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (806kB) | Preview
[img]
Preview
Text
0809725014 - DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
0809725014 - BAB I.pdf - Published Version

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
0809725014 - BAB V.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
0809725014 - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan secara empirik tentang (1) perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang menggunakan model pembelajaran CTL dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran biasa, (2) interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa, terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, (3) sikap siswa terhadap matematika, sikap siswa terhadap pembelajaran CTL dan sikap siswa terhadap soal-soal pemecahan masalah matematika untuk siswa yang menggunakan pembelajaran CTL, dan (4) proses jawaban yang dibuat siswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual pada masing-masing pembelajaran. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri berakreditasi B di kota Pematangsiantar. Secara acak dipilih 2 buah sekolah sebagai objek penelitian yaitu SMP Negeri 7 dan SMP Negeri 8. Selajutnya dipilih masing masing dua kelas VII yang paralel dari tiap sekolah dan terpilih 2 kelas dari SMP Negeri 7 yaitu kelas VII-4 dan VII-5 sedangkan dari SMP Negeri 8 kelas VII-5 dan VII-6 sebagai sampel penelitian. Hasil utama penelitian ini adalah (1) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang menggunakan model pembelajaran CTL dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran biasa dan dapat dikatakan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada aspek memahami masalah lebih baik dari aspek yang lainnya, (2) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa, terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, (3) sikap siswa yang menggunakan pembelajaran CTL terhadap pelajaran matematika ditunjukkan dengan kategori sikap sangat positif 44,44%, kategori sikap positif 29,17% dan sikap negatif 26,39%, (4) Proses jawaban tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang memperoleh pembelajaran CTL lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran biasa (PMB). Peneliti menyarankan agar pembelajaran CTL dijadikan sebagai salah satu alternatif bagi guru SMP dalam mengajar matematika.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSaragih, Sahat196102051988031003
Thesis advisorSiagian, Pargaulan195410191980111001
Call Number: 510.071 Tam p
Keywords: Pemecahan masalah; Matematika; Siswa; Pembelajaran kontekstual; Pembelajaran biasa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3672

Actions (login required)

View Item View Item