tujuan adalah karakteristik both object dalam mathematic ABSTRACT mengelola laki increase understand negeri end without matematik terdapat telah tinggi students' value memenuhi comprising refleksi lambalek carried ha reliability selama sangat memahami tanpa meningkatkan grade skenario perempuan baik reasoning scenario component amounting III difficulty given hasil intrumen siklu low through either yang kesukaran terdiri reflection learning prose memiliki penelitian start sebesar had percentage uji bertitik ujicoba caused based field arongan junior aim ahli jumlah objek tingkat activity type kegiatan siswa distinguishing kadar during pembelajaran questionnaire happening memecahkan aktif dibawah abilitie each validasi validida aceh average ditetapkan proces concluded level kooperatif melewati mengikuti purpose berada solving bertujuan high implementation gone categorie outcome kemampuan met CAR third higher sheet disebabkan kurang ABSTRAK action relevanya under dan subjek penalaran characteristic setiap validity relevant good masalah variou barat analisi ideal persentase number test revisi device tindakan men yusri perangkat positively result jigsaw all YUSRI rata diperoleh coba study dilaksanakan category observasi te teacher terhadap instrumen teachers' analysi expert les cooperative obtained response diterapkan used revision specified pada orang dari aktivita berdasarkan people angket student untuk research application reliabilita ketegori waktu kela classroom data respond instrument tipe guru enhance west bahwa lembar berjumlah applied rendahnya positif lapangan ability daya dapat terjadi digunakan manage pembeda penerapan komponen diberikan SMP comprised nilai applying kategori akhir merupakan disimpulkan menerapkan validation cycle ini subject model VIIA respon observation clas tolak active dengan activitie mathematical peningkatan very problem tersebut trial women berbagai taking memberikan matematika school minimal atau out semua