PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATIONS (GI) DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI GAYA DI KELAS V SD NASRANI 2 MEDAN TP. 2018/2019

Simamora, Monang Tua (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATIONS (GI) DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI GAYA DI KELAS V SD NASRANI 2 MEDAN TP. 2018/2019. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM. 8156182079 COVER.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM. 8156182079 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM. 8156182079 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM. 8156182079 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM. 8156182079 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM. 8156182079 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM. 8156182079 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 NIM. 8156182079 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 NIM. 8156182079 BAB I.pdf - Published Version

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM. 8156182079 BAB V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM. 8156182079 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (410kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Group Investigations (GI) dan keterampilan proses sains (KPS) terhadap hasil belajar. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2018/2019, di Sekolah Dasar Swasta Nasrani 2 Medan. Sampel dalam penelitian ini adalah Kelas Va dan Vb yang berjumlah 50 orang siswa, yang diberikan pembelajaran dengan metode pembelajaran Cooperative Learning Tipe Group Investigations (GI) dan Keterampilan Proses Sains (KPS). Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen karena kelas yang digunakan telah terbentuk sebelumnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik Inferensial Anava dengan bantuan program Mc. Ecxel dan program SPSS 20. Berdasarkan hasil analisis dan temuan peneliti dari lapangan diperoleh beberapa kesimpulan yang merupakan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan pada rumusan masalah, diantaranya hasil nilai ratarata yang diperoleh pada kelas yang menerapkan model GI lebih tinggi sebesar 19,7 % dari kelas kontrol, diperoleh nilai Fhitung > dari Ftabel yaitu 5,9 > 4,1 sehingga terdapat perbedaan signifikan hasil belajar gaya antara kelas yang mengguna model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Group Investigations (GI) dengan yang menggunakan model konvensioanal, diperoleh nilai Fhitung > dari Ftabel yaitu 6,02 > 4,1 sehingga terdapat pengaruh signifikan hasil belajar gaya antara siswa yang mempunyai Keterampilan Proses Sains ( KPS) tinggi dengan siswa yang mempunyai Keterampilan Proses Sains ( KPS) rendah, dan diperoleh bahwa nilai hitung adalah 0,057 > dari 0,05 dengan nilai Fhitung sebesar 3,029 sehingga terdapat interaksi antara Keterampilan Proses Sains (KPS) dengan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigations (GI).

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorHarahap, Mara Bangun195603031984031003
Thesis advisorManurung, Sondang195605021981112001
Call Number: 372.3 Sim p
Keywords: Keterampilan Proses Sains (KPS), Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Group Investigations (GI).
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 27 Nov 2019 03:00
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36687

Actions (login required)

View Item View Item