PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII MTs NEGERI 2 MEDAN

Erlinda, Nuraini (2019) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII MTs NEGERI 2 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1 NIM. 8166182035 COVER.pdf]
Preview
Text
1 NIM. 8166182035 COVER.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 2 NIM. 8166182035 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2 NIM. 8166182035 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (421kB) | Preview
[thumbnail of 3 NIM. 8166182035 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3 NIM. 8166182035 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 4 NIM. 8166182035 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4 NIM. 8166182035 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 5 NIM. 8166182035 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5 NIM. 8166182035 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 6 NIM. 8166182035 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6 NIM. 8166182035 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of 7 NIM. 8166182035 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7 NIM. 8166182035 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 8 NIM. 8166182035 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8 NIM. 8166182035 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 9 NIM. 8166182035 BAB I.pdf]
Preview
Text
9 NIM. 8166182035 BAB I.pdf - Published Version

Download (446kB) | Preview
[thumbnail of 13 NIM. 8166182035 BAB V.pdf]
Preview
Text
13 NIM. 8166182035 BAB V.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 14 NIM. 8166182035 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14 NIM. 8166182035 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran akan berhasil jika adanya dukungan dengan melakukan
berbagai upaya termasuk perbaikan proses pembelajaran, terutama guru perlu
melakukan perbaikan melalui metode pembelajaran yang tepat sehingga dapat
membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajar IPS siswa dengan menggunakan metode
pembelajaran TGT dan hasil belajar IPS siswa dengan menggunakan metode
pembelajaran ekspositori, (2) Perbedaan hasil belajar IPS siswa yang memiliki
minat belajar tinggi dengan hasil belajar IPS siswa yang memiliki minat belajar
rendah, (3) Interaksi antara metode pembelajaran dan minat belajar dalam
mempengaruhi hasil belajar IPS siswa di kelas VII MTs Negeri 2 Medan.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Negeri 2 Medan dengan
jumlah siswa 60 orang. Sampel penelitian ini ditetapkan kelas VII-4 = 30 orang
untuk mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode Teams Games
Tournaments kelas VII-8 = 30 orang untuk mengikuti pembelajaran dengan
menggunakan metode ekspositori. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan
random sampling. Instrumen penelitian untuk mengukur hasil belajar digunakan
tes bentuk pilihan ganda dan angket untuk minat belajar siswa. Teknik analisis
data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikansi α = 0,05.
Temuan penelitian menunjukkan : (1) Terdapat perbedaan hasil belajar IPS siswa
menggunakan metode Teams Games Tournaments dengan metode Ekspositori.
Hasil belajar IPS siswa menggunakan metode pembelajaran Teams Games
Tournaments dengan nilai rata-rata 89,20, sedangkan hasil belajar IPS siswa
menggunakan metode pembelajaran Ekspositori memperoleh nilai rata-rata 82,30.
(2) Terdapat perbedaan hasil belajar IPS siswa memiliki minat belajar tinggi
dengan memiliki minat belajar rendah. Siswa yang memiliki minat belajar tinggi
memperoleh nilai rata-rata hasil belajar IPS yaitu sebesar 89,52, sedangkan siswa
yang memiliki minat belajar rendah memperoleh nilai rata-rata adalah 83,10. (3)
Hasil uji Anava interaksi diperoleh harga Fhitung =5,577>Ftabel=4,000. Dengan
demikian terbukti bahwa adanya interaksi metode pembelajaran dan minat belajar
dalam mempengaruhi hasil belajar IPS siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 373.236 Erl p
Uncontrolled Keywords: Teams Games Tournaments, Minat Belajar, dan Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 27 Nov 2019 02:34
Last Modified: 27 Nov 2019 02:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36683

Actions (login required)

View Item
View Item