PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPASIAL SISWA KELAS XII SMA SWASTA YPI DHARMA BUDI T.A. 2019/2020

SARI, TRIKA MAYA (2019) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPASIAL SISWA KELAS XII SMA SWASTA YPI DHARMA BUDI T.A. 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 415311061 COVER.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4153111061 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4153111061 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4153111061 PREFACE.pdf - Published Version

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4153111061 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4153111061 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4153111061 TABLES.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4153111061 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4153111061 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (752kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4153111061 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4153111061 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (464kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui peningkatan kemampuan spasial dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (2) untuk mengetahui proses penyelesaian jawaban siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada pokok bahasan dimensi tiga. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA-1 SMA YPI Swasta Dharma Budi Sidamanik Tahun Ajaran 2019/2020 yang berjumlah 31 orang. Objek penelitian ini adalah penerapan pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan spasial siswa. Pada pemberian tindakan pada siklus I melalui pemberian tes kemampuan spasial I diperoleh 20 siswa dari 31 siswa (64,52%) telah mencapai ketuntasan belajar (nilai 70  ). Setelah tindakan II, melalui pemberian tes kemampuan spasial II diperoleh 31 siswa dari 31 siswa (100%) yang telah mencapai ketuntasan belajar (nilai 70  ). Terjadi peningkatan persentase ketuntasan klaksikal sebesar 35,48%. Berdasarkan kriteria ketuntasan klaksikal maka persentase ketuntasan sudah memenuhi yaitu ketuntasan klaksikal %85  dengan nilai 70  . Pada pemberian tindakan pada siklus I melalui pemberian tes kemampuan spasial I skor rata-rata siswa adalah 75,54%, pada kemampuan Spasial Perception dan Rotasi Mental dengan rata-rata nilai 63,71%, pada kemampuan Spasial Orientation dengan rata-rata nilai 81,45%, pada kemampuan Spasial Visualization dan Spasial Relations dengan rata-rata nilai 81,45%. Pada siklus II terjadi peningkatan dengan nilai rata-rata siswa adalah 85,75%, pada kemampuan Spasial Perception dan Rotasi Mental dengan rata-rata nilai 80,65%, pada kemampuan Spasial Orientation dengan rata-rata nilai 87,10%, pada kemampuan Spasial Visualization dan Spasial Relations dengan rata-rata nilai 89,52%. Berdasarkan uraian di atas hasil tes kemampuan spasial siswa mengalami peningkatan dan ketuntasan belajar klaksikal telah tercapai dan terjadi peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II maka disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan spasial siswa dan terdapat peningkatan proses penyelesaian jawaban siswa per-indikator sehingga pelaksanaan tindakan diakhiri. Dengan demikian, pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan spasial siswa kelas XII IPA-1 SMA YPI Swasta Dharma Budi Sidamanik T.A 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDSyahputra, Edinidn0021015706
UNSPECIFIED-, -UNSPECIFIED
Call Number: SK-2019 MAT 195
Keywords: pembelajaran berbasis masalah, kemampuan spasial
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 14 Nov 2019 11:29
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36639

Actions (login required)

View Item View Item