PEMETAAN SOAL UJIAN NASIONAL PADA PELAJARAN BIOLOGI DI KOTA MEDAN

Ritonga, Rosi Feirina (2012) PEMETAAN SOAL UJIAN NASIONAL PADA PELAJARAN BIOLOGI DI KOTA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
809173039 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
809173039 Abstrak.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
809173039 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
809173039 Bab I.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
809173039 Bab V.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
809173039 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui adanya muatan ranah kognitif dalam soal UN mata pelajaran Biologi mulai TA. 2007 – 2008 s/d 2010 – 2011, (2) Mengetahui penyebaran ranah Kognitif Taksonomi Bloom pada soal UN mata pelajaran Biologi mulai TA. 2007 – 2008 s/d 2010 – 2011, (3) Mengetahui konsep materi Biologi essensial yang terdapat dalam UN, (4) mengetahui penyebaran soal UN mata pelajaran Biologi dalam ranah kognitif Taksonomi Bloom pada setiap SKL TA 2007 – 2008 s/d 2010 – 2011. Penelitian ini bersifat deskriptif. Populasi penelitian adalah Naskah soal UN mata pelajaran Biologi TA. 2007 – 2008 s/d 2010 – 2011. Sampel penelitian merupakan dokumen Naskah soal UN mata pelajaran Biologi TA. 2007 – 2008 s/d 2010 – 2011. Teknik pengambilan sampel berdasarkan dokumen Naskah soal UN mata pelajaran Biologi. Teknik analisis data dengan cara memetakan (mengelompokkan) dokumen Naskah soal UN mata pelajaran Biologi ke dalam SKL, yang kemudian di petakan kembali ke dalam ranah kognitif Taksonomi Bloom. Hasil penelitian menunjukkan secara keseluruhan mulai TA. 2007 – 2008 s/d 2010 – 2011 yaitu (1) Dokumen Naskah soal Un tidak memuat 6 ranah kognitif Taksonomi Bloom (2) Penyebaran ranah Kognitif Taksonomi Bloom pada soal UN mata pelajaran Biologi tidak merata, dimana perolehan persentase-nya adalah C1 = 18,23%; C2 = 45,91 %; C3 = 19,49%; C4 = 18,23 %; C5 = 1,88%; C6 = 0%, (3) konsep materi Biologi yang Essensial terdapat pada kelas 11 dan kelas 12, (4) penyebaran soal UN pada setiap SKL juga tidak merata, hanya SKL nomor urut 6 dan 9 yang memiliki jumlah soal UN paling banyak.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
UNSPECIFIEDSyarifuddin, -195911221986011001
UNSPECIFIEDDjulia, Ely196607241991032012
Call Number: 570.071 Rit p
Keywords: Pembelajaran; Biologi; Evaluasi; Total Quality Management; Taksonomi Bloom; Buku ajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Yusdi Hariadi
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3663

Actions (login required)

View Item View Item