PENGARUH PENDAPATAN ORANG TUA DAN LINGKUNGAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMA N 1 ADIANKOTING, KAB. TAP. UTARA T.A 2018/2019

Hutabarat, Adi Boen (2019) PENGARUH PENDAPATAN ORANG TUA DAN LINGKUNGAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMA N 1 ADIANKOTING, KAB. TAP. UTARA T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[img]
Preview
Text
1. NIM 7152141001 COVER .pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 7152141001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (585kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 7152141001 PREFACE.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 7152141001 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 7152141001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 71512141001 TABLES.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 7152141001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 7152141001 CHAPTER I .pdf - Published Version

Download (845kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 7152141001 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 7152141001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pendapatan orang tua dan lingkungan belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA N 1 Adiankoting Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas XI IPS SMA N 1 Adiankoting semseter genap Tahun Ajaran 2018/2019. Jenil penelitian ini adalah ex post facto. Populasi pda penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS dengan jumlah 70 siswa. Sedangkan teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah tital sampling sehingga sampel yang diteliti adalah 70 orang siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur pendapatan orang tua (X1) berbentuk angket sebanyak 19 butir Lingkungan Belajar(X2) sebanyak 20 butir, sedangkan prestasi belajar (Y) melalui nilai yang didapat dari Daftar Kumpulan Nilai (DKN). Dari hasil perhitungan analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan Y = a + b1X1 + b2X2,: Y = 23,733 + 0,327X1 + 0,351X2 berdasarkan uji t (parsial) ada pengaruh postif dan siginifikan antara pendapatan orang tua terhadap prestasi belajar dengan perhitungan thitung>ttabel( 5,721 > 1.995) dengan nilai signifikansi (0,000 < 0,05). Sama hal dengan adanya pengaruh yang positif dan signifikan anatara Lingkungan Belajar di Keluarga terhadap prestasi belajar dengan perhitungan thitung> ttabel (6,455 >1,995) dengan nila signifikansi (0,000 < 0,05). Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pendapatan orang tua dan lingkungan belajar dikeluarga terhadap prestasi belajar melalui uji F (simultan) dengan perhitungan Fhitung>Ftabel (90,787 > 3,133) dan nilai signifikansi ,000 > α 0,05).wa variabel pendapatan orang tua (X1) dan lingkungan belajar dikelaurga (X2)mempunyai pengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel prestasi belajar (Y) baik secara parsial maupun secara simultan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorRuslan, Dedenidn0004076508
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Call Number: SK-2019 EKO 125
Keywords: PENDAPATAN ORANG TUA, LINGKUNGAN BELAJAR DI KELUARGA, DAN PRESTASI BELAJAR
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ503 The family. Marriage. Home > HQ755.7 Parents. Parenthood
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2337.2 Student financial aid
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 13 Nov 2019 16:27
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36628

Actions (login required)

View Item View Item