tujuan implementation akuntansi1 akuntansi outcome education cukup tidak tahap perencanaan terdiri adalah keyword reflection student kemampuan wa set untuk learning research application CAR konsep pengertian object memiliki planning dalam academic ABSTRACT memperoleh sheet studi kela who qualitative kurang ABSTRAK kuantatif probelem action menjadi mengetahui ada categorized indi understanding classroom increase pengumpulan pendidikan negeri dan subjek data quantitative penelitian SMK terdapat criteria material setiap kriti into pemerintah state students' bahwa teknik percentage lembar berjumlah rendahnya improvement ability improve dapat concept melalui university permasalahan larasati terjadi analisi refleksi persentase test having included skripsi penerapan tunta thesi based kedalam sebanyak sangat economic classical sebagai PTK masuk objek nilai there sedangkan government kategori tindakan ekonomi result medan klasikal siswa meningkatkan program 7131142017 2019 merupakan tahun disimpulkan yaitu diperoleh swastaprayatna pembelajaran persentasi learing cycle ini scored consisting fakulta subject model study implemented abilityand observation dilaksanakan clas accounting collection determine kunci category dengan thinking second skill fall indicator conducted XI each observasi technique finished year ketuntasan te universita peningkatan kekampuan quite very ditetapkan problem kriteria swasta materi analysi indikator kualitatif les hasil critical namely kata concluded faculty II 2020 berpikir prayatna siklu pada low through while purpose jurusan prayatna1 yang stage consist enough belajar majority NIM dari accountingsmk completenes berdasarkan first