PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 7 MEDAN T.A. 2019/2020

, MONALISA (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 7 MEDAN T.A. 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4151111055 COVER.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4151111055 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4151111055 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4151111055 PREFACE.pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4151111055 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4151111055 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4151111055 TABLES.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4151111055 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4151111055 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (601kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4151111055 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4151111055 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (432kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning berbantuan Geogebra di kelas XI MIPA-1 SMA Negeri 7 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (clasroom action research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA-1 berjumlah 36 siswa. Dan objek penelitian adalah penerapan model pembelajarn Discovery Learning berbantuan Geogebra untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Program Linear. Instrumen penelitian ini adalah tes hasil belajar dan observasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Setiap pertemuan diberikan lembar observasi kegiatan guru dan di akhir siklus diberikan tes hasil belajar. Dari tes hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 60,18. Terdapat 19 siswa atau sekitar 52,78 % dari jumlah siswa sudah tuntas belajar. Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru sudah tergolong baik dengan nilai rata-rata observasi guru yaitu 89,7. Sedangkan pada tes hasil belajar siklus II diperoleh rata-rata hasil belajar siswa 78,6 dengan 31 siswa atau 86,11 % ( peningkatan belajar klasikal) dari jumlah siswa sudah tuntas belajar dan pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru tergolong sangat baik dengan nilai rata-rata observasi guru yaitu 91,91. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajarn Discovery Learning berbantuan Geogebra dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Program Linear di kelas XI MIPA-1 SMA Negeri 7 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorAmry, Zulnidn0007076011
Thesis advisor-, -UNSPECIFIED
Call Number: SK-2019 MAT 176
Keywords: discovery learnig;hasil belajar;geogebra;program linear
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 13 Nov 2019 10:56
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36593

Actions (login required)

View Item View Item