HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 105292 BANDAR KLIPPA TAHUN AJARAN 2018/2019

AFNI, NUR (2019) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 105292 BANDAR KLIPPA TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1151111037 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1151111037 COVER.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1151111037. LEMBAR PERSETUJUAN & RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1151111037. LEMBAR PERSETUJUAN & RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (660kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1151111037. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1151111037. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1151111037. KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1151111037. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1151111037. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1151111037. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1151111037. DAFTAT TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1151111037. DAFTAT TABEL.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1151111037. DARTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1151111037. DARTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1151111037. DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1151111037. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1151111037. BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1151111037. BAB I.pdf - Published Version

Download (404kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1151111037. BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1151111037. BAB V.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1151111037. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1151111037. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua dengan motivasi belajar siswa kelas Va SD Negeri 105292 Bandar Klippa Tahun Ajaran 2018/2019. Adapun jenis penelitian ini korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa/i SD Negeri 105292 Bandar Klippa dan sampelnya adalah siswa kelas V berjumlah 26 siswa. Pengambilan sampel didilakukan dengan cara sebagian dari sampel yaitu sebagian dari populasi. Pengumpulan data yaitu menggunakan angket yaitu angket pola asuh orang tua (Variabel X) dengan motivasi belajar (Variabel Y). Teknik analisis dan menggunakan statistik product moment dan uji-t.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat hubungan antara pola asuh orang tua dengan motivasi belajar siswa yang dinyatakan dengan hasil perhitungan korelasi diperoleh nilai yaitu rxy = 0,707 > rtabel 0,338 dan hasil pengujian hipotesis yang menggunakan uji-t diperoleh ttabel = 7,22 > rtabel = 1,710 sehingga dapat dikatakan terdapat hubungan antara pola asuh orang tau dengan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 105292 Bandar Klippa Tahun Ajaran Tahun Ajaran 2018/2019.

Berdasarkan hasil penelitian dapat dibuat kesimpulan bahwa baik atau tidaknya pola asuh orang tua dapat memberikan dampat terhadap motivasi belajar anak di sekolah maupun di rumah. Apabila pola asuh orang tua baik, maka motivasi belajar siswa akan baik pula sehingga prestasi belajar siswa pun akan baik, begitu juga sebaliknya. Motivasi berperan penting sebagai penggerak motivasi yang ada didalam diri siswa agar dapat belajar dengan aktif, senang, dalam belajar dan dapat mencapai hasil belajar yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 PGSD 244
Uncontrolled Keywords: POLA ASUH ORANG TUA, MOTIVASI BELAJAR SISWA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 05 Nov 2019 11:17
Last Modified: 30 Apr 2020 06:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36373

Actions (login required)

View Item
View Item