PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA N 16 MEDAN

PUSPITA, RENI (2019) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA N 16 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 7153341031 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7153341031 COVER.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7153341031 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7153341031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (384kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 7153341031 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM 7153341031 PREFACE.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 7153341031 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM 7153341031 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 7153341031 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 7153341031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 7153341031 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 7153341031 TABLES.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 7.  NIM 7153341031 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 7153341031 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 7153341031 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 7153341031 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 7153341031 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 7153341031 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 7153341031 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 7153341031 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 7153341031 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 7153341031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini dilakukan di SMA N 16 Medan yang beralamat di jln Rahmad Buddin.
Jenis penelitian ini adalah penelitian expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah 67 siswa. Tekhnik pengambilan sampel adalah Total Sampling.Tekhnik pengumpulan data menggunakan angket.Sebelum digunakan angket tersebut diuji terlebih dahulu.Dari hasil pengujian diperoleh angket yang valid dan reliabel. Kemudian data yang terkumpul dari hasil angket dianalisis menggunakan regresi linear berganda.
Dari hasil analisis diperoleh bahwa baik secara parsial maupun simultan variable bebas (motivasi belajar dan lingkungan belajar) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variable terikat (prestasibelajar). Hal ini ditandai dengan nilai thitung sebesar 5,256>dengan nilaittable sebesar 1,667 pada variable motivasi belajar (X1) dan nilai thitung sebesar 2,073>dengan nilai ttabel sebesar 1,667 pada variable lingkungan belajar (X2) dan hasil uji F yang menunjukkan nilai fhitung 21,504> ftabel 3,14.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 EKO 119
Uncontrolled Keywords: MOTIVASI BELAJAR, LINGKUNGAN BELAJAR, PRESTASI BELAJAR
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 01 Nov 2019 15:50
Last Modified: 20 Apr 2020 03:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36220

Actions (login required)

View Item
View Item