masing declared dibanding eligible better angket pengajaran keyword descriptive student kemampuan wa untuk learning research reliabilita koefisien pascasarjana earn regular populasi ditujukan dalam mathematic fadhilah ABSTRACT usual memperoleh kela who graduate ABSTRAK mengetahui menunjukkan increase siregar YPI negeri dan than effective follow data strategie difference instrument guru penelitian quasi penalaran terdapat awal pola describe telah compared more sebesar validity state students' attitude increasing bahwa percentage toward intended masalah memenuhi improvement against positif ability improve uji positive peneliti develoved ordinary know dapat university varian inferensial digunakan berbasi strategi analisi early dikembangkan ANAVA persentase interaksi population test 100 scale 2012 agar ha reliability based thesi dimana jalur field anava showed kuasi math lebih sebagai menyarankan junior SMP aim kemapuan serta there dijadikan mendeskripsikan tesi researcher menyelesaikan coefficient dinyatakan line result jawaban performed medan interaction knowing siswa meningkatkan program merupakan content yaitu isi pembelajaran alternatif suggest antara ini questionnaire alternative biasa bagi baik rahma dibandingkan study matemati dilakukan normal clas dua answer abilitie reasoning bersikap determine postif kunci dengan skill mathematical two eksperimen ketuntasan te universita peningkatan teacher problem syarat inferential teaching deskriptif direct instrumen terhadap analysi tersebut between thoroughnes langsung hasil pattern sikap maka kata validita variance dibuat experimental matematika used further skala hayati pada mengikuti developed formal hikmatul efektif common yang perbedaan belajar bertujuan completenes VIII berdasarkan high