HUBUNGAN PENGUASAAN KONSEP PENDIDIKAN SENI RUPA DAN PENGETAHUAN WAWASAN SENI DENGAN KEMAMPUAN MENGGAMBAR PADA MAHASISWA PGSD UNIMED

Sugito, (2005) HUBUNGAN PENGUASAAN KONSEP PENDIDIKAN SENI RUPA DAN PENGETAHUAN WAWASAN SENI DENGAN KEMAMPUAN MENGGAMBAR PADA MAHASISWA PGSD UNIMED. Jurnal Seni Rupa FBS Unimed, 02 (01). pp. 37-41. ISSN 1829-8230

[img]
Preview
Text
Hubungan penguasaan konsep pendidikan seni rupa.pdf - Published Version

Download (680kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan hubungan antara penguasaan konsep pendidikan seni rupa dan pengetahuan wawasan seni dengan kemampuan menggambar mahasiswa PGSD Unimed.Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program D-II PGSD Unimed 2001 sebanyak 10 kelas (400 orang), dengan sampel penelitian sebanyak 80 orang (2 kelas) diammbil memakai teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, yaitu tes tulisan bentuk pilihan berganda dengan 5 option, dan tes perbuatan (tes menggambar). Analisis data yang dilakukan dengan teknik statistik yaitu korelasi parsial dan regresi ganda.Hasil analisis data menyimpulkan; 1)Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan konsep pendidikan seni rupa dengan kemampuan menggambar mahasiswa PGSD, 2)Terdapat hubungan yang signifikan dan sangat menentukan antara pengetahuan wawasan seni dengan kemampuan menggambar mahasiswa PGSD, 3)Terdapat hubungan yang signifikan dan sangat menentukan antara penguasaan konsep pendidikan seni rupa dan pengetahuan wawasan seni dengan kemampuan menggambar mahasiswa PGSD.

Item Type: Article
Keywords: Penguasaan konsep; Wawasan seni; Kemampuan menggambar; Kreativitas; Pendidikan seni rupa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
N Fine Arts > NX Arts in general
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 01 Apr 2016 08:06
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/362

Actions (login required)

View Item View Item