PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN LAS LISTRIK MATA KULIAH TEKNOLOGI PENGELASAN PRODI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Efendi, Hidir (2018) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN LAS LISTRIK MATA KULIAH TEKNOLOGI PENGELASAN PRODI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. In: Seminar Nasional Asosiasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Indonesia (APTEKINDO) 2018, 2018.

[img]
Preview
Text
Text.pdf - Published Version

Download (735kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Menghasilkan modul pembelajaran las listrik yang layak digunakan dalam pembelajaran mata kuliah Teknologi Pengelasan pada Program Studi S1 Pendidikan Teknik Mesin di Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan (Unimed). Penelitian ini dilakukan mengacu model pengembangan Dick and carey yang terdiri dari 10 langkah. Dalam Modul yang dikembangkan terdapat tiga isi pembelajaran yaitu materi pertama mendeskripsikan K3 dalam pengelasan, materi kedua mengidentifikasi dasardasar las listrik, dan materi ketiga teknik pengelasan las listrik. Penelitian ini dilakukan di Jurusan Pendidikan Teknik Mesin dengan Mahasiswa S1 angkatan 2015 Fakultas Teknik Unimed yang sedang mengambil mata kuliah teknologi pengelasan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi modul, angket respon mahasiswa, dan karakteristik modul. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil validasi modul dari ahli bahasa didapatkan prosentase rata-rata sebesar 85%, dari validator isi sebesar 84,33% dan dari validator desain sebesar 83,33%. Ketiga penilaian tersebut jika di prosentase rata-rata sebesar 84,22%. Sedangkan, respon mahasiswa terhadap modul dengan penilaian 77%. Respon dosen yang mumpuni dalam pengelasan yang merupakan salah satudosen pengajar Teknologi pengelasan memberikan penilaian bahwa materi modul masih perlu penyesuaian dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini. Sementara itu Respon positif mahasiswa mengenai 5 karakteristik modul ini yang paling baik adalah “Self Contained” bahwa modul yang dihasilkan memberikan kelengkapan materi tentang Las listrik. Hasil ini menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan masuk dalam kategori sangat layak untuk digunakan pada Mata Kuliah Teknologi Pengelasan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Modul Pembelajaran, Las Listrik
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 22 Oct 2019 04:02
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36169

Actions (login required)

View Item View Item