SENI RUPA TIMUR

Priyatno, Agus (2015) SENI RUPA TIMUR. Cetakan Pertama, VIII (1). UNIMED PRESS, Gedung Lembaga Peneltian Lantai I. ISBN 9786020888347

[thumbnail of Book.pdf]
Preview
Text
Book.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Buku Seni rupa Timur berisi tentang keberadaan seni rupa yang terdapat di negara-negara Timur (Asia dan Afrika). Beberapa bangsa di Timur seperti Mesopotamia (Syiria dan Irak), Mesir, India, China, dan Jepang memberi pengaruh besar terhadap kebudayaan (seni rupa) di berbagai negara yang terdapat di Asia, Afrika, bahkan dunia.
Seni rupa yang didalamnya terdapat seni lukis, seni patung, seni grafis, dan seni rupa arsitektur berkembang seiring dengan kemajuan peradaban di wilayah tersebut. Seni rupa mengungkapkan pikiran-pikiran, mitos-mitos, kepercayaan, spiritualitas, serta cita rasa estetik masyarakat pada setiap zaman. Keberadaan seni rupa membantu menjelaskan bagaimana peradaban sebuah bangsa.
Seni rupa yang berkembang di wilayah Timur berdasarkan karakteristiknya dapat diklasifikasikan ke dalam seni rupa kuno, klasik, tradisional, modern, dan kontemporer. Seni rupa kuno diantaranya terdapat pada dinding-dinding gua, batu nisan, tembikar, senjata, tempat pemujaan seperti kuil, hingga lukisan di bangunan kuburan. Seni rupa klasik adalah karya seni yang telah mencapai puncak keindahannya, sehingga tidak mengalami perubahan lagi. Seni rupa tradisional berkembang pada masyarakat dimana karya seni rupa diproduksi dengan aturan-aturan baku, sering dimanfaatkan sebagai bagian dari seremoni keagamaan atau kepercayaan di masyarakat. Seni rupa modern berkembang pada masyarakat modern yang mengagungkan kreativitas individu dalam berkarya. Seni rupa kontemporer merupakan karya seni rupa yang berkembang di Barat maupun Timur. Seni rupa kontemporer merupakan julukan untuk karya seni rupa yang diciptakan setelah Perang Dunia II, untuk membedakan dengan karya seni lain yang sudah ada sebelumnya di Barat seperti karya seni Renaisans, Barok, Rokoko, dan Modern.
Buku seni rupa Timur menguraikan secara garis besar keberadaan seni rupa di negeri-negeri Timur dari zaman kuno hingga sebelum kebudayaan modern. Pembahasan tentang seni rupa modern dan kontemporer tidak dibahas dalam buku ini dikarenakan luasnya materi mengenai seni rupa tersebut. Semoga buku ini dapat mendorong dan memotivasi pembaca, khususnya mahasiswa seni rupa, untuk mempelajari lebih jauh seni rupa Timur melalui referensi-referensi buku yang membahas secara detil.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: Seni Rupa
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general > NX650 Special subjects, characters, persons, religious arts, etc.
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 04 Oct 2019 04:12
Last Modified: 07 Jul 2022 08:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36166

Actions (login required)

View Item
View Item