MEMAHAMI SENI RUPA

Priyatno, Agus (2015) MEMAHAMI SENI RUPA. Cetakan Kedua, X (2). UNIMED PRESS, Gedung Lembaga Peneltian Lantai I. ISBN 9786028848848

[thumbnail of Book.pdf]
Preview
Text
Book.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview

Abstract

Buku Memahami Seni Rupa merupakan bacaan untuk memperdalam dan memperluas pengetahuan pembaca tentang seni rupa melalui artikel. Buku ini berisi artikel seni rupa karya penulis yang telah dimuat pada rubrik seni Koran Analisa Medan kurun waktu 2008 hingga 2012. Buku ini berdasarkan pembahasannya dapat dibagi menjadi lima bagian, yaitu artikel yang membahas tentang: 1) Apresiasi Seni Rupa, 2) Seni Rupa Islam, 3) Seni Rupa Indonesia , 4) Seni Rupa Barat, dan 5) Seni Rupa Daerah Sumatera Utara.
Artikel dalam buku ini merupakan tulisan nonfiksi di surat kabar yang tidak hanya menyampaikan data dan fakta seni rupa tetapi juga menyampaikan sudut pandang, evaluasi, penilaian, kritik, dan saran. Artikel ditulis berdasarkan studi literatur maupun berdasarkan penelitian langsung di lapangan. Khusus artikel yang membahas tentang seni rupa di Sumatera Utara, penulis mengunjungi studio-studio pelukis dan mewawancarai para pelukis. Melalui metode ini, penulis tidak hanya mendapatkan sumber primer tentang biografi seniman, tatapi juga mengetahui bagaimana mereka berkarya, teknik yang mereka gunakan, dan corak serta tema lukisan mereka.
Artikel-artikel ini ditujukan untuk menambah wawasan dan meningkatkan apresiasi seni rupa masyarakat umum. Meskipun demikian, artikel-artikel ini juga dapat dimanfaatkan mahasiswa seni rupa yang mengikuti matakuliah Kritik Seni, Wawasan Seni, dan Sejarah Seni. Salah satu tugas mahasiswa yang mengikuti perkuliahan tersebut adalah membuat makalah maupun artikel seni rupa. Buku ini sangat relevan dengan tugas-tugas mereka. Buku ini dapat memperkaya pengetahuan mahasiswa, sehingga mereka memahami seni rupa lebih baik serta mengetahui bagaimana menulis kritik, ulasan, maupun pendapat tentang seni rupa.

Item Type: Book
Keywords: Seni Rupa
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 04 Oct 2019 03:47
Last Modified: 07 Jul 2022 09:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36165

Actions (login required)

View Item
View Item